Perencanaan Pembangunan Bidang Transportasi Darat di Kabupaten Dompu

Prasetio, MuchamadAndi (2012) Perencanaan Pembangunan Bidang Transportasi Darat di Kabupaten Dompu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan pembangunan daerah meliputi seluruh bidang yang kewenangannya telah diserahkan kepada daerah termasuk bidang transportasi khususnya transportasi darat. Keberhasilan pembangunan bidang transportasi di daerah sangat tergantung dari baik dan buruknya perencanaan pembangunan transportasi di daerah. Oleh karena itu, pengembangan transportasi sangat penting artinya dalam menunjang dan menggerakkan dinamika pembangunan, karena transportasi berfungsi sebagai katalisator dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan pembangunan bidang transportasi darat serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pembangunan bidang transportasi darat di Kabupaten Dompu. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Dompu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perencanaan pembangunan transportasi darat yang dilakukan di Kabupaten Dompu dimulai dari identifikasi sampai dengan penentuan prioritas dengan berbagai kriteria baik dalam penanganan jalan maupun jaringan prasarananya. Selanjutnya didalam proses perencanaan pembangunan daerah, perencanaan transportasi darat dilakukan melalui dua jalur yaitu jalur masyarakat dan jalur pemerintah daerah. Hasil penelitan juga menunjukan adanya faktor yang mendukung dan menghambat dalam perencanaan transportasi darat. Faktor yang mendukung adalah pertama adanya regulasi atau aturan yang mengatur tentang perencanaan itu sendiri. Dan yang kedua adalah adanya sistem kelembagaan dimana guna mendukung seluruh proses baik dari penyusunan perencanaan sampai selesainya pelaksanaan rencana diperlukan dukungan kelembagaan yang akan melakukan perencanaan itu sendiri. Sedangkan Faktor yang penghambat adalah faktor pendanaan atau terbatasnya anggaran yang tersedia. Dalam proses perencanaan pembangunan terbatasnya anggaran mempengaruhi perencanaan yang telah dibuat karena apa yang direncanakan itu tidak semuanya mampu terserap oleh penganggaran yang ada sehingga terlihat bahwa perencanaan itu kurang efektif. Selanjutnya penghambat kedua adanya faktor politis merupakan penghambat karena apa yang di usulkan atau rencanakan secara teknis, partisipatif dan sebagainya akan mengalami perubahan dengan adanya tarik menarik kepentingan, hal ini terindikasi dengan munculnya ruas-ruas jalan baru yang tidak masuk dalam rencana tahunan penanganan transportasi darat.

English Abstract

Local Development Planning covers all sectors where the authorization has been given to the local government including transportation sector especially land transportation. The succes of development of transportation sector depends on the transportation development planning hence, the transportation development is very essential in supporting and dinamically progress the development because transportation functions as catalisator in supporting economic growth and local development. This research aims at describing and analyzing planning process on land transportation sector development as well as the supporting and weakening in land transportation sector development planning in Kabupaten Dompu. The research is conducted in Kabupaten Dompu by using qualitative approach and descriptive research. The result of this research shows that land transportation development planning carried out in Kabupaten Dompu started from identification through priority determination with kinds of criteria from infrastructure maintanance as well as facilities network. Then, in local development planning process, land transportation planning is carried out in two ways, they are community and government. The result also shows supporting and weakening factor on local transportation planning. The supporting factors are, firstly, the regulation which regulates the planning itself; seconly, the organization system that supports all the process from planning until plan realization which the weakening factor is fund that hinders the plan and make the planning is not effective. Next, the second weakening factor is politic. It means the planning which is done technically, participatively or whatever will change because of political interest. This is indicated by newly develop roads and streets which are not planned in land transportation development yearly planning.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/354.77/PRA/p/041200198
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Jul 2012 10:01
Last Modified: 16 Jul 2012 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157042
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item