Anam, Syaiful (2015) Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus Implementasi Perda No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir Di Kabupaten. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masalah parkir menjadi salah satu persoalan tersendiri yang di hadapi pemerintah di berbagai daerah, terutama daerah memiliki struktur suasana kota yang ramai dan padat yang tidak sesuai dengan luas jalan tidak memadai. Meningkatnya penggunaan kendaraan serta aktivitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain meningkatkan kebutuhan masyarakat akan lahan atau ruang parkir. Tidak seimbangnya pertambahan ruas jalan dengan pertambahan volume kendaraan dan menyusul banyaknya ruko, minimarket, pusat perbelanjaan dan jenis bangunan lainnya yang didirikan tanpa lahan parkir yang representatif, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki lahan parkir. Kondisi seperti ini menyebabkan masyarakat terpaksa menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir. Hal ini menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kemacetan, kemudian ditambah lagi dengan prilaku pengguna jalan raya yang tidak disiplin dan tidak beretika. Regulasi kebijakan pemerintah daerah kabupaten pamekasan dalam bentuk PERDA No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir digulirkan pada prinsipnya ingin memaksimalkan perannya sebagai public servant yakni memberi pelayanan optimal kepada masyarkat, memberi kepastian hukum tentang pengelolalan Parkir di Pamekasan, menekan kebocoran hasil retribusi parkir, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan, memberi kepastian pendapatan juru Parkir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomer 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir, Untuk mengetahui keterlibatan para aktor pelaksana, dan untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan parkir di pamekasan memberi hasil positif terhadap pemerintah karena dapat mendongrak keuangan daerah dari sektor retribusi parkir, memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam pelayanan parkir di tepi jalan umum maupun di tempat khusus parkir, memberi kepastian hukum bagi petugas juru parkir dalam melaksanakan tugasnya. Namun disisi lain pelaksanaan kebijakan tersebut harus ditingkatkan mengenai beberapa aspek yaitu penyediaan fasilitas tempat parkir yang tidak layak, peningkatan kedisiplinan dan ketegasan petugas juru parkir maupun kepolisian terhadap pengguna layanan parkir, peningkatan koordinasi dan komunikasi institusi pelaksana parkir DISHUBKOMINFO dengan pihak RSUD Pamekasan. Kata kunci : Retribusi Parkir, dan Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/354.765/ANA/i/2014/041507944 |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 10:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 10:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |