Peran Humas Dalam Menciptakan Opini Publik : Suatu Studi Pada Bagian Humas Pemerintah Kota Ambon

Hutubessy, ElineOctoviana (2010) Peran Humas Dalam Menciptakan Opini Publik : Suatu Studi Pada Bagian Humas Pemerintah Kota Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan informasi di Indonesia saat ini, menyebabkan nuansa kebebasan dan keterbukaan mulai berkembang di kalang masyarakat. Adanya kebebasan dan keterbukaan ini, oleh masyarakat diikuti dengan berbagai tindakan dalam menyampaikan aspirasi terhadap pemerintah atas berbagai kebijakan yang diwujudkan dengan meningkatnya unjuk rasa, pernyataan sikap maupun pengaduan. Hal ini menunjukkan bentuk ketidakpercayaan kepada pemerintah manjadikan pemerintah perlu memberikan perhatian khusus dalam hal membina komunikasi dengan rakyat. Oleh karena itu kegiatan hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat vital dalam usaha meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan, diperlukan suatu komunikasi yang berjalan dua arah antara pemerintah dengan masyarakat. Humas sebagai suatu bagian dari pemerintah daerah yang bertugas sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat harus dapat memberikan informasi-informasi yang ada dengan tepat, akurat, terbuka, dapat dipercaya serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan visinya, sehingga masyarakat dapat mempercayai kinerja pemerintah daerahnya dan secara tidak langsung opini publik yang positif dapat terwujud. Untuk menjelaskan bagaimana upaya peranan Humas dalam menciptakan opini publik, maka peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah peranan Humas dalam menciptakan opini publik yang meliputi program kerja Bagian Humas maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bagian Humas, Faktor-faktor yang medukung Bagian Humas dalam menciptakan opini publik, baik faktor pendukung Internal maupun faktor pendukung Eksternal, serta kendala-kendala yang dihadapai dalam melaksanakan peranan humas dalam menciptakan opini publik, baik kendala Internal maupun kerndala Eksternal. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan bagian Humas Pemerintah Kota Ambon dalam menciptakan opini publik yang positif tentang citra Pemerintah Kota Ambon adalah sebagai mediator pemerintah dan masyarakat untuk saling memberikan pendapat dan mencari solusi permasalahan yang ada, serta sebagai narasumber bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat, dan menyediakan layanan komunikasi dalam organisasi. Selanjutnya program kerja Bagian Humas dan protokol Pemerintah Kota Ambon harus lebih ditekankan pada penyerapan opini publik terutama berkaitan dengan image Pemerintah Kota Ambon, dengan menciptakan hubungan yang harmonis antara pemerintah dengan masyarakat. Sedangkan kesan yang diinginkan oleh Opini Publik dari Pemerintah yang bersih adalah jajaran birokrasi pemerintah Kota Ambon harus bersih dari KKN, memperhatikan dan dapat menyelesaikan masalah sosial masyarakat kecil, mensejahtrekan masyarakat melaui pengembangan skala prioritas berdasarkan potensi daerah. Kegiatan bagian Humas perlu dikoordinasikan dengan SKPD terkait acara protokoler maupun penyampaian informasi program pembangunan daerah, kemitraan dengan pers serta pendekatan social keagamaan di Kota Ambon untuk membangun citra positif pemerintah. Sedangkan faktor pendukung Internal adalah pegawai Humas, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Bagian Humas harus mengikut sertakan para pegawainya dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) kehumasan baik yang diadakan di tingkat Kabupaten atau Kota maupun propinsi.Untuk sarana dan prasarana, dengan tersedianya sarana dan prasarana kerja yang memadai di Bagian Humas, diharapkan semua kegiatan yang dilaksanakan di bagian ini, baik dalam pengumpulan informasi, melakukan koordinasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Sedangakan untuk finansial, Untuk menunjang seluruh kegiatan yang ada di Bagian Humas Pemerintah Kota Ambon, maka setiap tahunnya bagian ini mendapatkan dana operasional yang berasal dari alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD). Untuk faktor pendukung ekternal adalah media massa, berkaitan dengan penggunaan media massa, Kota Ambon mempunyai media massa yang khusus memberikan informasi kepada masyarakat berupa suart kabar yaitu Siwalima, Maluku Ekspers yang terbit setiap hari. Sedangkan siaran radio sebagai media layanan dan penyebaran informasi serta hiburan bagi Pemerintah Koata Ambon. Penyebaran informasi melalui siaran radio ini diharapkan akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan website Pemerintah Kota Ambon merupakan layanan teknologi informasi berbasis komputer yang diharapkan dapat meningkatkan layanan pemberitaan dan penyebaran informasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut diharapakan Bagian Humas dapat meningkatkan peranannya dalam menciptakan opini publik bagi Pemerintah Kota ambon.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.748/HUT/p/041002492
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.7 Public administration of general forms of assistance
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2010 13:30
Last Modified: 19 Nov 2010 13:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156939
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item