Kinerja Kantor Sekretariat Negara dalam Perencanaan dan Penyusunan Anggaran (Studi pada Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum Republik Demokrasi Timor Leste T.A. 2009)

DosReis, NunoSereno (2010) Kinerja Kantor Sekretariat Negara dalam Perencanaan dan Penyusunan Anggaran (Studi pada Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum Republik Demokrasi Timor Leste T.A. 2009). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menyoroti masalah Kinerja Kantor Sekretariat Negara Dalam Perencanaan dan penyusunan Anggaran dilihat dari prespektif proses perencanaan dan penyusunan anggaran T.A. 2009 dan mekanisme penyusunan anggaran yang ada di Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL yang merupakan fenomena baru dalam proses penyusunan anggaran Negara berdasarkan Constitusi RDTL bagian IV pasal II ayat 145 dan pedoman pelakasanaan anggaran Negara T.A. 2009 No. 1/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsi, menganalisa, dan menginterpretasikan Kinerja Kantor Sekretarian Negara dalam proses perencanaan dan penyusunan anggaran pada Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL Tahun Anggaran 2009 dan mendiskripsi, menganalisa, dan menginterpretasikan faktor-faktor penghambat pelaksanaan perencanaan dan penyusunan anggaran di Kantor Sekretariat Negara Urusan pekerjaan Umum RDTL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini diharapkan hasil penelitian dapat lebih mengena dan mendalam sebagaimana tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan penganggaran maka dilakukan pengukuran dan penghitungan dengan mengkaitkan antara rencana kegiatan, indikator kinerja (Input, Output, Oucome), standar harga, standar analisa belanja. Perencanaan dan Penyusunan anggaran yang dilakukan di Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL sudah ada indikasi menunju kepada penyusunan anggaran berbasis kinerja sebab temuan-temuan yang penulis temukan dilapangan penelitian adalah sebelum mengadakan perencanaan dan penyusunan anggaran diadakan suatu seminar yang dilakukan oleh Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL untuk mendengar dan menerima masukan dari semua wilayah dan Kabupaten apa yang akan menjadi program prioritas pada tahun anggaran mendatang, bagitu juga sudah ada desentralisasi anggaran kepada semua Kementerian mulai dari tahun anggaran 2008 dengan total anggaran yaitu USD $ 100,000.00 dan pada tahun 2009 meningkat menjadi USD $ 250,000.00 dan tahun 2010 ini meningkat menjadi USD $ 1,000,000.00 dan juga sudah ada desentralisasi anggaran sampai ke kabuapten dengan total anggaran USD $ 250,000.00 untuk setiap mata anggaran. Dan begitu juga dengan adanya desentralisasi anggaran ini maka Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL merasa masih kurangnya sumber daya manusia dalam hal melaksanakan perencanaan dan penyusunan anggaran maka perlu adanya penambahan Pegawai baik dari segi kualitas dan kuantitas. Sedangkan mengenai sarana dan prasaran yang penulis dapat dilapangan penelitian adalah kurangnya ruangan bagi tim anggaran dalam merencanakan dan menyusun anggaran secara baik dikarenakan kondisi ruangan yang ada sangat kecil dan belum adanya ruangan tersendiri bagi tim anggaran untuk bekerja secara seksama, sedangkan ruangan untuk menyimpang dokumen pentingpun belum ada. Perencanaan dan penyusunan anggaran yang ada di Kantor Sekretariat Negara Urusan Pekerjaan Umum RDTL memberikan keuntungan-keuntungan tidak saja kepada semua Direktorat Nesional sebagai pengguna dan pelaksana anggaran tetapi juga kepada masyarakat atau publik secara umum. Dari hambatan yang dihadapi tersebut diatas maka penulis memberikan solusi untuk mengeliminir hambat-hambatan tersebut diantaranya adalah dengan mengeliminir pengeluaran dana yang ada dengan cara pemilhan kegiatan-kegiatan yang benar-benar mendesak untuk dilakukan sebagai upaya agar tidak terjadi kebocoran dana, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia baik secara kuantitas maupun kualitas, menambah sarana dan prasarana yang mendukung dalam perencanaan dan penyusunan anggaran, sedangkan untuk kekurangsesuaian antara rencana strategis setiap Direktorat Nasional dengan Rencana Strategis Kantor Sekretariat maka perlu dilakukan penyesuaian kembali dengan jalan pengkomunikasikan antara Unit Direktorat Nasional dengan Kantor Sekretariat Negara mengenai visi, misi yang ditetapkan sebelumnya serta melakukan sosialisasi secara berkelanjutan mengenai pelaksanaan anggaran kinerja sehingga Pegawai Negeri Sipil mampu dan memahami dalam pelaksana perencanaan dan penyusunan anggaran kinerja.

English Abstract

Research is illuminating the performance of State Secretariat Office in the budget planning and setting if it is reviewed under the perspective of budget planning and setting for budget year 2009. The mechanism of budget setting in State Secretariat Office, Public Work Division, of Democracy Republic of Timor Leste (RDTL) may be a new phenomenon in the state budget formulation in pursuant to RDTL Constitution, Part IV, Section II, Subsection 145, and also to The Manual of State Budget Implementation for BY 2009 No.1/2009. Research is aimed at describing, analyzing, and interpreting the budget planning and setting in State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL for budget year 2009, and describing, analyzing, and interpreting the constraining factors against the implementation of budget planning and setting in State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL. Research is a descriptive study with qualitative approach. By this approach, it is expected to have meaningful and useful results in pursuant with the research objectives. Result of research shows that before budgeting, the measurement and calculation must be important to conduct to understand action plan, performance indicators (input, output, and outcome), price standard, and expense analysis standard. The budget planning and setting at State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL already indicates the orientation to performance-based budget. Research also finds that before budget planning and setting, a seminar is conducted by State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL to hear and to accept the input from any regions and regencies before it may be prioritized in the next budget year. Budget decentralization to all ministries is increased from USD $ 100,000.00 in budget year 2008 to USD $ 250,000.00 in budget year 2009, or to USD $ 1,000,000.00 in budget year 2010. Budget decentralization to regencies is USD $ 250,000.00 for each budget core. During this budget decentralization, State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL, experiences lack of human resource for budget planning and setting tasks. Therefore, the additional employee is important in the perspective of quality and quantity. Related to structure and infrastructure issues, it is found that the budget team is difficult to find a favorable room for better budget planning and setting because the existed room is very small and not allowing the budget team to produce precise cooperation. The specific room for keeping the important document is absent. Budget planning and setting in State Secretariat Office, Public Work Division, of RDTL will not only give benefits to all National Directorates as the user and the implementer of budget, but also to the whole public. Considering the constraining factors, research may suggest the steps required to eliminate the barriers. One of them is by eliminating fund expense by choosing the more urgent activity to avoid from fund leakage. Human resource quality must be improved in quantity or quality. The supporting structure and infrastructure are needed to allow budget planning and setting. The incompatibility of strategic plans made by each National Directorate and those prepared by State Secretariat Office can be solved by redefining the communication path between National Directorate Units and State Secretariat Office to obtain similar understanding about vision and mission. Continuous socialization about performance budget is also important to empower civil servant`s ability and understanding in the implementation of performance budget planning and setting.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.48/DOS/k/041003002
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 10 Dec 2010 15:38
Last Modified: 10 Dec 2010 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156840
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item