Pengaruh Administrasi Perpajakan, Kualitas Layanan Fiskus Terhadap Perilaku Wajib Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Yusril, Muhammad (2014) Pengaruh Administrasi Perpajakan, Kualitas Layanan Fiskus Terhadap Perilaku Wajib Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tuntutan terhadap dilakukannya upaya dalam peningkatan penerimaan negara terutama di sektor perpajakan, baik dari segala perbaikan serta perubahan yang mendasar di segala aspek perpajakan.Salah satu tuntutan yang dimaksud adalah tuntutan kepatuhan wajib pajak.Kepatuhan wajib pajak di dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya tidak lepas dari peran sistem administrasi perpajakan yang telah ditetapkan pemerintah dan juga sikap dari masyarakat wajib pajak itu sendiri. Selain itu, upaya yang tidak kalah pentingnya adalah upaya pemerintah di dalam meningkatkan kualitas pelayanan dari aparat pajak sehingga diharapkan akan berdampak pada kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh administrasi perpajakan dan kualitas layanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak yang dimediasi oleh perilaku wajib pajak. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data ini menggunakan sumber data primer yang berasal dari penggisian kuesioner dan wawancara dengan wajib pajak badan yang terdaftar di kantor pelayanan pajak Malang selatan dan dibantu dengan berbagai data sekunder yang relevan. Data dikumpulkan menggunakan metode accidental sampling dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur ( Path Analysis ) dalam aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari baik administrasi perpajakan, kualitas layanan fiskus, dan perilaku wajib pajak secara langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel administrasi perpajakan dan kualitas layanan fiskus memiliki pengaruh signifikan ketika dimediasi melalui variabel perilaku wajib pajak.Oleh karena itu, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka seluruh hipotesis yang dibangun di dalam penelitian ini dapat diterima.Berbagai keterbatasan yang masih dialami oleh peneliti diharapkan menjadi sebuah tantangan bagi penelitian selanjutnya untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan atas kepatuhan yang dilakukan oleh wajib pajak badan.

English Abstract

The research was motivated by the demands of the increasing government revenues, especially in the sector of taxation, both form all repair and fundamental change in all aspects of taxation. One of them is the demans on taxpayer compliance. Taxpayer compliance in implementing the tax obligations can not be separated from the role of the tax administration system that has been determined by the government and also the attitude of the public taxpayer itself. In addition, one of the efforts that are not less important is the government`s efforts in improving taxpayer satisfaction through improved quality of service performed by the tax authorities which is expected to have an impact on taxpayer compliance. This study aims to determine the effect of the tax administration and the quality of service performed by tax authorities to taxpayer compliance is mediated by the behavior of taxpayer. This research is explanatory reseach using a quantitative approach. This data using primary data sources are derived from filling the questionnaire and interviews whit taxpayer that registered in tax office south Malang and assisted with a variety of relevant secondary data. Data were collected using accidental sampling method and analyzed by using path analysis in SPSS version 20. The results showed that both the tax administration, the quality of service performed by the tax authorities, and the behavior of taxpayer directly have a significant impact on taxpayer compliance. The results also show that the tax administration and the the quality of service performed by the tax authorities has a significant effect when mediated through the behavior of taxpayer. Therefore, based on the reseach that has been done, then all hypotheses that have been constructed in this study is acceptable. Various limitations faced by researchers is expected to become a challenge for future research to obtain reseach results further illustrate the factor that influence the increase taxpayer compliance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.44/YUS/p/2014/041501238
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 29 May 2015 09:34
Last Modified: 29 May 2015 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156828
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item