Pengaruh Implementasi Sistem Freebalance Pada Pengalokasian Dana Civil Society Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Timor Leste).

Gama, Carlito (2015) Pengaruh Implementasi Sistem Freebalance Pada Pengalokasian Dana Civil Society Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Timor Leste). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terkait dengan perkembangan kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat yang terus bertambah dan kian mutakhir. Masyarakat sebagai subyek layanan tidak suka lagi dengan pelayanan yang berbelit-belit, lama dan berisiko akibat rantai birokrasi yang panjang. Maka pemerintah mempunyai kewajiban untuk memperlancarkan sistem pelayanan yang lebih terjangkau, tanggap, kemudahan dan akuntabilitas maka sistem pelayanan yang diberikan pemerintah perlu diperbantukan oleh Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk memenuhi harapan masyarakt. Dalam semangat yang sama, Pemerintah Timor Leste bekerja sama dengan sistem Freebalance untuk mempermudah sistem pelayanan publik yang secara transparan, akuntabel, efisiensi dan ekonomis serta pencairan anggaran harus melalui prosedur yang telah disesuaikan dengan aturan dasar yang ada pada sistem. Pelayanan yang dimaksud dalam hal ini tentang pengalokasian dana civil society, yaitu pengalokasian dana untuk subsidi keluarga kurang mampu, beasiswa pengembangan SDM, dana bantuan untuk program keagamaan seperti Catholic Relief Services (CRS), dana subsidi untuk veteran perang kemerdekaan dan berbagai kegiatan yang bersifat sosial lainnya. Besaran anggaran civil society untuk pertahunnya adalah variatif dan penggunaannya tidak mengikat pengguna anggarannya, baik untuk kelangsungan pemberian bantuan ataupun model pertanggung jawabannya. Penggunaan Freebalance System akan meningkatkan kemudahan dalam pengawasan penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah serta handal dalam melakukan pencegahan penyelewengan (fraud) atau korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi sistem freebalance pada pengalokasian dana Civil Society terhadap kualitas pelayanan publik pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Timor Leste, untuk menguji tingkat pengaruh ekspektasi kinerja implementasi sistem Freebalance terhadap ekspektasi pelayanan publik dana Civil Society, menguji tingkat pengaruh ekspektasi usaha dari implementasi sistem Freebalance terhadap persepsi pelayanan publik dana Civil Society, menguji tingkat pengaruh kondisi lingkungan terhadap persepsi pelayanan publik dana Civil Society, menguji tingkat pengaruh secara bersama-sama ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan kondisi lingkungan terhadap ekspektasi pelayanan publik, menguji tingkat vii pengaruh persepsi pelayanan publik dana Civil Society terhadap kualitas pelayanan publik, menguji tingkat pengaruh ekspektasi pelayanan publik terhadap kualitas pelayanan publik ketika mengimplementasikan sistem freebalance. Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif.Sampel yang diambil adalah sebanyak 108 orang dan merupakan sampel acak (Random sampling) populasi 147 orang dengan menggunakan rumus Yamane dalam Rakhmat. Dengan menggunakan uji hipotesis antara variabel bebas dengan terikat maka dapat diketahui bahwa variabel ekspektasi kinerja (X1) terbentuk pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel ekspektasi pelayanan publik (Y1) dengan nilai jalur kofisien sebesar 0,417. Variabel ekspektasi usaha (X2) terbentuk pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel persepsi pelayanan (Y2) dengan nilai jalur kofisien sebesar 0,42. Variabel lingkungan sosial (X3) terbentuk pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel persepsi pelayanan (Y2) dengan nilai jalur kofisien sebesar 0,346. Ada pengaruh tidak lansung antara variabel ekspektasi kinerja (X1) melalui variabel ekspektasi pelayanan (Y1) sebesar 47,8%. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan pengaruh tidak lansung antara variabel ekspektasi usaha (X3) 39,6% dan lingkungan sosial (X3) sebesar 35,4%melalui variabel persepsi pelayanan (Y2) sebesar 34,3%, masih lebih kecil daripada pengaruh lansung antara persepsi pelayanan terhadap kualitas pelayanan. Kata kunci : Freebalance, Dana Civil Society, Kualitas Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.4/GAM/p/2015/041507016
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2016 10:45
Last Modified: 11 Jan 2016 10:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156793
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item