Kendala Bank Syariah dalam Kedudukannya sebagai Pembeli dan Penjual pada Pembiayaan Murabahah (Studi di PT. Bank BNI Syariah Cabang Malang)

Udin, Ichwan (2011) Kendala Bank Syariah dalam Kedudukannya sebagai Pembeli dan Penjual pada Pembiayaan Murabahah (Studi di PT. Bank BNI Syariah Cabang Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala Bank Syariah dalam kedudukannya sebagai pihak pembeli dan penjual pada pembiayaan Murabahah serta untuk mengatasi upaya yang dilakukan oleh bank syariah dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris, pemilihan lokasi penelitian pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Malang. Data yang diperoleh berasal dari lapangan berupa wawancara dan dokumentasi hukum serta kepustakaan, selanjutnya data tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah diperoleh akan dianalisis dan digambarkan untuk menjawab permasalahan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh hasil bahwa kendala yang dihadapi bank syariah dalam kedudukannya sebagai pihak penjual dan pembeli pada pembiayaan murabahah yaitu adanya ketentuan bagi badan hukum dilarang untuk memiliki kepemilikan dengan status hak milik dan adanya pemenuhan kewajiban pembayaran pajak berganda terhadap transaksi jual-beli atas barang obyek pembiayaan sedangkan upaya yang dilakukan oleh bank syariah dalam mengatasi kendala tersebut, bank syariah dalam pembiayaan murabahah menggunakan akad wakallah secara lisan dengan mewakilkan kepada pihak penerima pembiayaan untuk membeli secara langsung terhadap barang dari penjual jika penjual tidak hadir dalam penandatanganan akad pembiayaan murabahah .

English Abstract

This research aim to found out the constraints Islamic banks in his position as the buyers and sellers of the financing of murabahah as well as to address the efforts made by the Islamic banks in overcoming these barriers. This research uses a kind of empirical legal studies, site selection research on PT. Bank BNI Syariah branches of Malang. Data obtained from the field in the form of interviews and the legal documentation as well as the library, furthermore, the data were analyzed by descriptive qualitative, is that the data have been obtained will be analyzed and described to address the problems. Based on the research obtained by the hash that the constraints faced by Islamic banks in his capacity as the seller and the buyer in financing murabahah namely the provision of legal entities are prohibited from having possession the status of property rights and the fulfillment of payment obligations of double taxation of transactions on goods, while the object of financing efforts made by the Islamic banks in overcoming these obstacles, Islamic banks in financing murabahah using wakallah contract orally by delegating to the party receiving financing for the purchase directly against the data item seller if the seller does not present in the signing of a covenant of murabahah financing.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.082/UDI/k/041105105
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 20 Feb 2012 13:48
Last Modified: 20 Feb 2012 13:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156614
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item