Analisis Yuridis Terhadap Implementasi Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pengelolaan Perseroan Terbatas Pada Pt. Bukit Intan Indoperkasa Balikapapan Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Ten

Munawarah, IvaYulia (2015) Analisis Yuridis Terhadap Implementasi Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pengelolaan Perseroan Terbatas Pada Pt. Bukit Intan Indoperkasa Balikapapan Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Ten. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Yuridis Terhadap Implementasi Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pengelolaan Perseroan Terbatas Pada Pt Bukit Intan Indoperkasa Balikpapan Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji tanggung jawab Direksi dalam mengimplementasikan kewajiban melaksanakan good corporate governance dalam pengelolaan perseroan terbatas kaitannya dengan perlindungan hukum bagi pemegang saham minoritas di PT Bukit Intan Indoperkasa Balikpapan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis, pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan yuridis sosiologis, sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, wawancara, dan daftar pertanyaan dan Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, artinya data disajikan secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif yaitu menganalisa data berdasarkan kualitas dan kebenaran data dan kemudian diambil kesimpulan yang merupakan jawaban terhadap permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh bahwa tanggung jawab dari direksi sehubungan dengan penerapan prinsip-prinsip GCG yakni Prinsip Transparansi, Prinsip Keadilan, Prinsip Akuntabilitas,dan Prinsip Responsibilitas, tercermin dalam berbagai ketentuan yang terdapat dalam Pasal-Pasal di Undang-Undang Perseroan Terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Direksi PT Bukit Intan Indoperkasa Balikpapan sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengurusan perseroan mempunyai kewajiban untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam perseroan. Dalam menjalankan tugas-tugas tersebut, Direksi PT Bukit Intan Indoperkasa Balikpapan sudah menjalankannya dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.066 8/MUN/a/2015/041601980
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Mar 2016 15:47
Last Modified: 29 Mar 2016 15:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156545
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item