“Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Sebagai Konsumen Yang Mengalami Malpraktik Jasa Pelayanan Kesehatan (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Sanggata Kabupaten Kutai Timur)”

Indrawati (2013) “Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Sebagai Konsumen Yang Mengalami Malpraktik Jasa Pelayanan Kesehatan (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Sanggata Kabupaten Kutai Timur)”. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan (medis) merupakan hal yang penting yang harus dijaga maupun ditingkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku tanpa mengurani hak-hak pasien, agar masyarakat sebagai pasien dapat merasakan pelayanan yang diberikan. Pelayanan merupakan suatu usaha untuk membantu menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan orang lain serta dapat memberikan kepuasan sesuai dengan keinginan yang diharapkan oleh pasien. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangatta merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur yang berlokasi di ibukota kabupaten tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Sangatta. Rumah Sakit berperan menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan merupakan ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia. Rumah sakit Umum Daerah Sangatta menyelenggarakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, tindakan medik yang dilaksanakan selama 24 jam melalui upaya kesehatan perorangan. Dalam penyelenggaraan pelayanan rumah sakit, maka rumah sakit harus melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan umum dan pelayanan medik baik melalui akreditasi, sertifikasi, ataupun proses peningkatan mutu lainnya. Nasib kehidupan manusia selalu tertumpu pada pelayanan medis dan hampir seluruh pasien menyerahkan kesembuhannya dari tenaga medis yang tersedia, namun pada kenyataannya masih saja terdapat hak-hak pasien yang diabaikan. Hal tersebut merupakan pelanggaran dari pelaksanaan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Dengan demikian penulis memandang bahwa pelaksanaan perlindungan hukum dan tanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pasien sangat diperlukan dan wajib dilaksanakan oleh Rumah Sakit yang menyelenggarakan jasa pelayanan kesehatan. Karena, pasien berobat ke Rumah Sakit dengan tujuan mendapatkan pelayanan yang layak dan optimal dari seluruh tenaga kesehatan tanpa diskriminasi antara si kaya dan si miskin, yang memakai Jamkesmas atau yang tidak menggunakannya dan pasien berhak mengetahui informasi medis atas dirinya

English Abstract

Medical service is an important issue and its quality needs to be maintained and improved based on the applicable service standard so that the community as the patients can get benefits from the services provided without ignoring the rights of the patients. Service is an effort to provide everything needed by other people and to give satisfaction as what is expected by the patients. Sangatta Public Hospital is a hospital that belongs to the government of East Kutai District located in the capital of the district, exactly on Jalan Soekarno Hatta, Sangatta. Hospital has a role in providing medical service and becomes the spearhead of medical development in Indonesia. Sangatta Public Hospital provides inpatient and outpatient treatments, emergency service, 24-hour medical treatments through individual medical endeavors. In providing services, the hospital needs to make efforts to increase its public service quality and its medical service, either through accreditation, certification, or other process of quality improvement. Human life mostly depends on medical service and almost all patients leave their recovery to the available medical practitioners. However, in the reality the rights of the patients are frequently neglected. This is an infringement of Law Number 8 year 2008 concerning Consumer Protection and Law number 36 year 2009 concerning Medical service. The writer considers that the implementation of legal protection and responsibility for the loss suffered by the patients is needed and must be performed by the hospitals as institutions which provide medical services. This is because patients come to the hospital to get appropriate and optimal services from medical personnel without discriminating between the rich and the poor, those with Jamkesmas (Public Health Insurance) and those without Jamkesmas and the patients have the rights to get information about their own medical record.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/344.0411/IND/p/041310968
Subjects: 300 Social sciences > 344 Labor, social service, education, cultural law
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jun 2014 10:16
Last Modified: 10 Jun 2014 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156255
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item