Efektifitas Pensertifikatan Tanah Wakaf Di Kabupaten Pasuruan ( Studi Di Departemen Agama Kabupaten Pasuruan )

Junaidi, MMahbub (2015) Efektifitas Pensertifikatan Tanah Wakaf Di Kabupaten Pasuruan ( Studi Di Departemen Agama Kabupaten Pasuruan ). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mencapai tujuan kepastian hukum atas tanah maka diperlukan suatu pendaftaran atau pensertifikatan tanah. Dalam kaitan penelitian ini adalah pensertifikatan tanah wakaf di Kabupaten Pasuruan. Dari data yang diperoleh dari Departemen Agama Kabupaten Pasuruan dan dari Organisasi Kemasyarakatan Nahdlatul Ulama masih banyak tanah wakaf di Kabupaten Pasuruan yang belum sampai disertifikatkan. Ada beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan sertifikasi tanah wakaf di Kabupaten Pasuruan diantaranya adalah ditemukan sebagian besar tanah wakaf di Kabupaten Pasuruan berdiri diatas tanah negara/bekas eigendom dan pemahaman yang masih tradisional tentang pendaftaran tanah wakaf dari masyarakat secara umum dan Nadzir wakaf secara khusus. Untuk menjawab masalah yang dikaji tersebut, penulis mengunakan jenis penelitian yuridis empiris dan Pendekatan yang dipakai dalam penelitian adalah pendekatan yuridis sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pensertifikatan tanah wakaf di Kabupaten Pasuruan didalam prakteknya tidak berjalan efektif karena ditemukannya fenomena berdirinya tanah wakaf diatas tanah negara/bekas eigendom dan pemahaman yang masih tradisional (kolot) terhadap pensertifikatan tanah wakaf, sehingga tidak sesuai dengan tujuan Pemerintah secara umum yaitu memberikan kepastian hukum atas tanah dan tujuan secara khusus melakukan usaha percepatan sertifikasi tanah wakaf semisal melalui Instruksi Kepala BPN RI Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Percepatan Pelaksanaan Program Strategis BPN RI Tahun 2013 Upaya Hukum yang dapat dilakukan pihak terkait yaitu Pemerintah Pusat dengan membuat peraturan perwakafan tanah yang didalamnya mengatur bab tersendiri perwakafan tanah diatas tanah negara, Kantor Pertanahan Kabupaten Pasuruan dan Departemen Agama Kabupaten Pasuruan mengadakan kerjasama yang lebih efektif tentang pensertifikatan tanah wakaf dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan. Serta upaya hukum yang dapat dilakukan masyarakat yang diwakili oleh organisasi kemasyarakatan yaitu mengadakan pelatihan singkat dan sosialisasi secara penuh kepada para Nadzir tentang perlunya pensertifikatan tanah wakaf dan bila perlu meminta dukungan pemerintah daerah karena pelaksanaan pendaftaran tanah wakaf tersebut sedikit banyak butuh dana operasional.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/343.025 3/JUN/e/2015/041505067
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Sep 2015 10:00
Last Modified: 11 Sep 2015 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156178
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item