Perlindungan Hukum bagi Anak Terpidana Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (Studi tentang Perlindungan Hukum Anak Terpidana di Kabupaten Kutai Kartanegara)

Tristiana, Syartika (2012) Perlindungan Hukum bagi Anak Terpidana Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (Studi tentang Perlindungan Hukum Anak Terpidana di Kabupaten Kutai Kartanegara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, merupakan potensi yang sangat penting dalam menentukan sejarah bangsa dan merupakan cerminan sikap hidup bangsa pada masa mendatang. Anak dalam perkembangannya, dipengaruhi oleh keluarga dan lingkungannya. Perkembangan masyarakat dengan segala permasalahannya, terkadang mengakibatkan anak terjerumus ke dalam perilaku yang melanggar hukum. Untuk menghadapi anak yang melakukan pelanggaran hukum, perlu dipertimbangkan kedudukan anak dengan segala sifat dan cirinya yang khas. Anak yang melakukan tindak pidana dan berdasarkan putusan pengadilan, menjalani pidananya di Lembaga Pemasyarakatan Anak, disebut Anak Terpidana. Sebagaimana halnya dengan anak lainnya, Anak Terpidana maupun Pidana harus mendapatkan perlindungan akan hak-haknya di Lembaga Pemasyarakatan Anak, demi menjamin pertumbuhan dan pekembangannya sebagai anak. Untuk itu, kajian pustaka yang dijadikan pisau analisis dalam penulisan tesis ini, adalah : 1) perlindungan hak asasi manusia terhadap anak, 2) perlindungan terhadap hak-hak anak, 3) perlindungan hukum terhadap anak, 4) landasan yuridis pelaksanaan hak-hak Anak Pidana, dan 5) efektifitas pembinaan terhadap Anak Pidana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dan pendekatan penologis. Lokasi penelitian dipilih di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong, yang dihuni oleh 625 (enam ratus dua puluh lima) orang Warga Binaan Pemasyarakatan, termasuk di dalamnya 44 (tempat puluh empat) orang Anak Terpidana dan Pidana yang sedang menjalani Masa Tahanannya. Selanjutnya, dalam penelitian di lapangan diperoleh hasil sebagai berikut : 1) gambaran umum Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong, berupa : organisasi Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong , pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong, Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong, dan sarana dan prasarana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong 2), Life History Terpidana Anak Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tenggarong 3), Pelaksanaan Perlindungan Terhadap Hak -Hak Anak Terpidana Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun faktor, dan 4), Hak Yang Sudah Terlindungi dan Belum Terlindungi Dalam Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

English Abstract

Children are the generation expected to continue the aspiration of the national struggle. They have very important potentials in determining the nations history and become the reflection of the people`s life style in the future. Child development is influenced by family and environment. The development of society with all problems people have, sometimes causes children have illicit behavior or misconduct. To deal with such children, it is necessary to consider the position of the children with all of their typical properties and characteristics. Children who commit offenses and are sentenced to the child prison based on a court verdict are called Child Prisoners. Like other children, Child Prisoners and Defendants should receive protection for their rights at the Child Prison to ensure their growth and development as children. Therefore, the reviews of literature that become the main analysis used in writing this thesis include: 1) children`s human right protection, 2) protection of children`s rights, 3) legal protection for children, 4) judicial basis concerning the implementation the rights of Child Prisoners, and 5) the effectiveness of coaching for Child Prisoners. The type of research used in this study is an empirical legal research, using juridical sociological approach and penological approach. The location of the research was the Class IIB Tenggarong Penitentiary, which is inhabited by 625 (six hundred twenty five) prisoners, including 44 (forty-four) Child prisoners and Criminal Defendants who are undergoing a certain period of detention. Furthermore, research in the field revealed the following findings: 1) a general description of the Class IIB Tenggarong Penitentiary which includes: the structural organization of the Class IIB Tenggarong Penitentiary, the employees the Class IIB Tenggarong Penitentiary, the prisoners of the Class IIB Tenggarong Penitentiary, and the facilities and infrastructure of the Class IIB Tenggarong Penitentiary, 2), Life History the Child Prisoners in the Class IIB Tenggarong Penitentiary, 3), Implementation of the Protection of the Children`s Rights for child prisoners Under Law No. 23 of 2002. 4), the Rights that have already and have not been covered based on the implementation of Law Number 23 Year 2002 on Child Protection.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/342.087 72/TRI/p/041201721
Subjects: 300 Social sciences > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 31 Jul 2012 12:29
Last Modified: 31 Jul 2012 12:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156166
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item