Karakter Ruang Usaha Pengrajin Batik Tulis di Kampung Batik Jetis Sidoarjo.

Fitriyani, Irma (2014) Karakter Ruang Usaha Pengrajin Batik Tulis di Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan awal di lokasi penelitian yaitu Kampung Batik Jetis di Kelurahan Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur yang menunjukkan bahwa Kampung Batik Jetis Sidoarjo merupakan salah satu lokasi penghasil batik tulis khas daerah Sidoarjo. Keunikan Kampung Batik Jetis adalah terdapat 15 pengrajin batik yang menghasilkan batik dan menjualnya di lokasi ini sekaligus juga bertempat tinggal di lokasi ini pula. Dalam pelaksanaan fungsi tersebut tentu terdapat hal yang berbeda dengan rumah/ tempat tinggal yang hanya berfungsi sebagai hunian saja terkait dengan ruang yang digunakan untuk mewadahi kegiatan usaha batik mereka. Usaha batik sendiri merupakan jenis usaha yang unik karena membutuhkan suatu proses yang rumit dan panjang yang tentunya setiap proses aktivitas akan membutuhkan ruang untuk mewadahinya. Penelitian bertujuan untuk menganalisa dan memahami karakter ruang usaha pengrajin batik tulis di Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Analisa karakter ruang berdasarkan variabel penggunaan ruang, pembentukan ruang dan organisasi ruang yang dikaitkan dengan variabel aktivitas, pelaku, waktu dan ruang yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengamatan dan observasi pada ruang usaha 15 pengrajin batik tulis di Kampung Batik Jetis Sidoarjo sehingga akan didapat hasil identifikasi yang akan dianalisa dengan mengacu pada teori yang terkait. Skala penelitian ini adalah hanya melingkupi ruang secara mikro. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah karakter ruang usaha pengrajin batik tulis di Kampung Batik Jetis ini secara umum menunjukkan bahwa setiap pengrajin melakukan aktivitas usaha dalam ruang usaha mereka masing-masing yang dimiliki sendiri (13 pengrajin) atau dipinjam dari pengrajin lain (2 pengrajin). Karakter usaha batik di lokasi ini adalah tidak ada aktivitas yang dilakukan secara bersama atau tidak terdapat kerjasama usaha diantara pengrajin yang terkait dengan modal atau pekerja. Karakter penggunaan ruang ditunjukkan dalam jenis ruang yang digunakan (ruang proses produksi dan pasca produksi) dan didapatkan tipe ruang usaha berdasarkan ruang yang dimiliki/ digunakan tersebut, sifat penggunaan ruangnya adalah permanen, dan tipe ruang usaha berdasarkan letaknya yaitu kombinasi dari tipe berimbang, campuran dan terpisah. Karakter pembentukan ruang ditunjukkan elemen pembentuk ruang dalam Fixed-feature element, semi fixed-feature element dan non Fixed-feature element. Karakter organisasi ruang ditunjukkan dalam teritori ruang sekunder, tingkat privasi ruang semi privat, adanya ruang campuran fungsi usaha dan rumah tangga serta hubungan antar ruang berdasarkan urutan dan sifat aktivitas yang dilakukan.

English Abstract

This research is motivated from the first observation in the study area is in Kampung Batik Jetis Sidoarjo which indicates that Kampung Batik Jetis is one of the Sidoarjo batik producer. The uniqueness of Kampung Batik Jetis is there are 15 batik batik craftsmen who produce and sell at this location as well as reside in this location as well. In the implementation of these functions there are of course a different matter with the home / residence which only serves as a shelter (about the space used to accommodate their batik business activities). Batik business itself is a kind of business that is unique in that it requires a complicated and lengthy process that is certainly each process activity will require space for that. The research aims to analyze and understand the business space character batik craftsmen in Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Space character analysis based variable use of space, the formation of space and spatial organization associated with variable activity, actors, time and space are used. The research method used is descriptive qualitative research method, with observations of business space 15 batik artisans in Kampung Batik Jetis Sidoarjo that would be obtained identification results will be analyzed with reference to the related theory. The scale of this study is only a micro space. Results obtained from this study is character batik business in this location is character of the use of space indicated in the type of space used (space production and post-production process) and obtained the type of business space based space owned / used, the nature of the use of space is permanent, and the type of business space based on lies that is a combination of balanced type, mix and separately. Character of space-forming element shown in Fixed-feature space element, semi-fixed and non-fixed element feature-feature element. Organization of space characters shown in the territory of the secondary space, privacy level semi-private room, there is a mixture of function space businesses and households as well as the relationship between space based on the activities undertaken.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.642/FIT/k/041500628
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production
Divisions: S2/S3 > Magister Arsitektur Lingkungan Binaan, Fakultas Teknik
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 06 Apr 2015 14:14
Last Modified: 28 Mar 2022 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156062
[thumbnail of IRMA FITRIYANI.pdf]
Preview
Text
IRMA FITRIYANI.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item