Kombinasi Metode Analytic Hierarchy Process Dan Forward Chaining Untuk Diterapkan Pada Pengelolaan Bahan Praktikum Laboratorium Biologi

Saptawati, RinaTriTurani (2016) Kombinasi Metode Analytic Hierarchy Process Dan Forward Chaining Untuk Diterapkan Pada Pengelolaan Bahan Praktikum Laboratorium Biologi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan pengelolaan bahan praktikum berupa bahan kimia dan bahan habis pakai merupakan kegiatan kritis di laboratorium. Banyak faktor yang mempengaruhi penentuan pemilihan bahan praktikum yang baik dan supplier yang tepat, diantaranya adalah faktor harga, kualitas, pelayanan pasca pembelian dan ketersediaan bahan di pasaran. Penelitian ini difokuskan pada sistem pengelolaan bahan praktikum yang dilakukan pada kegiatan perkuliahan di Laboratorium Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Metode Forward Chaining diterapkan dalam perhitungan tingkat persediaan yang aman (Safety Stock) dan perhitungan Reorder Point (ROP). Sedangkan dalam menentukan kinerja supplier dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah menentukan batas minimal persediaan per bahan dan pembelian bahan dari supplier yang tepat dengan maksud mengamankan kegiatan praktikum dari kekurangan bahan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.521/SAP/k/2016/041601554
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Dec 2016 09:14
Last Modified: 15 Dec 2016 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156059
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item