Konstruksi Jalur Interpretasi Ecoedutourism Berbasis Sumber Daya Alam Dan Partisipasi Masyarakat Di Kawasan Hutan Mangrove Pancer CengkrongDesa Karanggandu, Kecamatan Watulimo Kabupaten TrenggaleK

Prastiyo (2015) Konstruksi Jalur Interpretasi Ecoedutourism Berbasis Sumber Daya Alam Dan Partisipasi Masyarakat Di Kawasan Hutan Mangrove Pancer CengkrongDesa Karanggandu, Kecamatan Watulimo Kabupaten TrenggaleK. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki sedikitnya 47 tipe ekosistem, salah satu ekosistem yang memiliki banyak potensi di Indonesia adalah hutan mangrove. Hutan mangrove di Indonesia memiliki keanekaragaman flora maupun fauna yang khas. Pembangunan dan pemanfaatan wilayah pesisir sekitar kawasan hutan mangrove, biasanya tidak dilakukan dengan bijaksana dan berwawasan lingkungan sehingga cenderung membahayakan kestabilan ekosistem mangrove dalam jangka panjang. Salah satu alternatif pemanfaatan hutan mangrove yang bisa dikembangkan tanpa merusak lingkungan adalah pengembangan ekowisata. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong di Desa Karanggandu adalah salah satu kawasan hutan mangrove yang potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan ecoedurtourism mangrove. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian potensi dan preferensi flora, fauna (burung) serta aktivitas masyarakat lokal di Hutan Mangrove Pancer Cengkrong sebagai atraksi wisata dalam pengembangan program ecoedutoruism dengan melibatkan partisipasi masyarakat serta untuk mengetahui pengaruh program ecoedutourism terhadap pengetahuan dan ketertarikan siswa. Stakeholder yang dilibatkan dalam penelitian terdiri dari masyarakat sekitar hutan mangrove, pelajar dan mahasiswa pencinta alam serta guru IPA dengan jumlah total 135 orang. Uji coba program ecoedutourism melibatkan 20 siswa SMP. Analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excell dan dianalisis secara deskriptif. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh program ecoedutourism terhadap pengetahuan dan ketertarikan siswa dianalisis dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS ver.17 melalui uji wilcoxon (α=5%) . Hasil penelitian menunjukan bahwa Hutan Mangrove Pancer Cengkrong memiliki keanekaragaman flora sebanyak 22 spesies, fauna (burung) sebanyak 21 spesies, tipe ekosistem yang beragam serta aktivitas masyarakat lokal yang potensial untuk dijadikan atraksi wisata. Hasil penggalian data preferensi dengan stakeholder diketahui bahwa spesies flora mangrove yang memiliki Indeks RFC tertinggi adalah Bruguiera gymnorrhiza sedangkan Indeks RFC tertinggi untuk spesies burung adalah Leptoptilos javanicus. Untuk nilai preferensi tertinggi atraksi wisata berupa bentang alam yang selanjutnya dipilih dalam paket uji coba ecoedutourism adalah Hutan Mangrove, Sungai Cengkrong dan Pantai Cengkrong. Sedangkan aktivitas masyarakat lokal yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata antara lain jelajah hutan mangrove, bertani mangrove, memancing, panen ubur-ubur dan proses jual beli ikan secara tradisional. Analisis pengaruh program uji coba ecoedutourism menunjukan bahwa program ecoedutorusim berpengaruh terhadap aspek ketertarikan siswa dalam mengikuti program, hal itu dilihat dari hasil statistik uji wilcoxon dengan nilai asymp sig sebesar 0.015 atau kurang dari α=0.05. Hal itu diduga karena siswa cenderung tidak bosan mempelajari suatu hal melalui kegiatan langsung sekaligus berwisata alam. Sedangkan untuk aspek pengetahuan diketahui dari hasil statistik uji wilcoxon dengan nilai asymp sig sebesar 0.022 atau kurang dari α=0.05. Peningkatan pengetahuan peserta program uji coba disebabkan karena siswa berkesempatan untuk belajar secara langsung melalui pengalaman yang dilakukan selama program ecoedutourism sehingga siswa mendapatkan informasi yang menambah pengetahuan siswa serta mudah untuk diingat dan pahami Sedangkan preferensi peserta uji coba terhadap segmen program diketahui bahwa peserta yang menyukai segmen jelajah mangrove sebanyak 45%, telusur sungai 35%, sahabat pantai 20%. Nilai preferensi tersebut diduga dipengaruhi oleh daya tarik atraksi wisata, aksesibilitas dan fasilitas yang tersedia.

English Abstract

Indonesia has at least 47 types of ecosystems, one of ecosystems that have a lot of potential in Indonesia is a mangrove forest. Mangrove forests in Indonesia have a diversity of flora and fauna. Development and utilization of coastal areas around the mangrove forest, usually not done wisely that is likely to endanger the stability of the mangrove ecosystem in the long term. One alternative utilization of mangrove forests that could be developed without damaging the environment is the development of ecotourism. Mangrove forest in the Pancer Cengkrong Karanggandu is one of the mangrove forest areas with the potential to be developed into ecoedutourism mangrove area. The purpose of this research is to study the potential and preferences of flora, fauna (birds) and the activities of local communities in the Mangrove Forest Pancer Cengkrong as a tourist attraction in the development ecoedutourism programs with community participation. Stakeholders involved in the study consisted of mangrove forest communities and students of nature lovers as well as a science teacher with a total 135 people. The test ecoedutourism program involved 20 students of Junior High School. Data analysis was performed with the help of Microsoft Excel and analyzed descriptively. While ecoedutourism program to determine the effect of the knowledge and interests of students were analyzed using the computer program SPSS ver.17 through Wilcoxon test (α = 5%). The results showed that the Mangrove Forest Pancer Cengkrong have 22 species diversity of flora, fauna (birds) 21 species, diverse ecosystem and local community activities with the potential to be used as a tourist attraction. The results of data mining with stakeholder preferences known that mangrove flora species that have the highest RFC index is Bruguiera gymnorrhiza whereas RFC index is highest for bird species Leptoptilos javanicus . For the highest preference value tourist attractions such as the landscape which further selected in the package of ecoedutourism are Mangrove Forest, River and Cengkrong Beach .The local community activities that could be developed into a tourist attraction, among others tracking the mangrove forest, mangrove farming, fishing, harvesting jellyfish and the process of buying and traditional market. Analysis of the influence of the pilot program shows that the ecoedutourism program effect on aspects of the students interest in participating in the program, it is seen from the results of the Wilcoxon test statistic asymp sig value of 0.015 or less than α = 0.05. It was suspected because students tend to not get bored to learn something through direct activities at once traveled nature. As for the aspect of knowledge is known from the results of the Wilcoxon test statistic asymp sig value of 0.022 or less than α = 0.05. Increased knowledge of the pilot program participants because students had the opportunity to learn directly through experience made during ecoedutourism program so that students get the information that adds to knowledge of students. While preference trial participants on the program segment is known that participants who liked the mangrove “jelajah mangrove” 45%, 35% “telusur sungai”, “sahabat pantai” 20%. The preference value influenced by the attractiveness of tourist attractions, accessibility and facilities available.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.4791/PRA/k/2015/041501263
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services
Divisions: S2/S3 > Magister Biologi, Fakultas MIPA
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 05 May 2015 15:33
Last Modified: 05 May 2015 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156052
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item