The Competitiveness of Indonesian Coffee on the World Market

Purnamasari, Meidiana (2013) The Competitiveness of Indonesian Coffee on the World Market. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi adalah komoditas kedua yang paling banyak di perdagangkan di unia. Terbukanya pasar bebas membuat kompetisi kopi di pasar dunia semakin besar. Selain itu harga kopi yang sangat fluktuatif dan tergantung pada permintaan dan penawan yang ada membuat kopi dari berbagai Negara pengekspor saling bersubtitusi. Contohnya saja di pasar eropa, Vietnam berhasil menggeser posisi Indonesia dengan meningkatkan 0.9 point market sharenya dari 18,8% pada tahun 2009 menjadi 19,75 tahun 2010. Sedangkan Indonesia turun dari 6.6% di tahun 2009 menjadi 5.8% ditahun 2010 (European Coffee report, 2010/11). Indonesia dalah salah satu Negara berkembang yang merupakan pengekspor utama kopi dunia. Area penanaman kopi Indonesia tersebar di beberapa pulau, seperti, Sumatra, Jawa, Bali, Flores dan papua. Di tahun 2011, eksporter utama kopi adalah Brazil, Colombia, Vietnam dan Indonesia. Indonesia merupakan eksporter ketiga terbesar pada tahun 1984-1996, namun sejak 1997 Vietnam berhasil menggeser posisi Indonesia (Kustiari, 2007). Sebenarnya di tahun 2010, luas area kopi Indonesia sebesar 1.268.480 ha, lebih besar dari pada Vietnam yang hanya berkisar 514.400 ha, namun Vietnam dapat memproduksi 785.087 ton lebih banyak dari pada Indonesia (FAO, 2012). Sekitar 63% dari kopi Indonesia di ekspor, hal ini membuat kestabilan perekonomian kopi Indonesia sangat tergantung pada kondisi pasar dunia. Terlebih lagi, sekarang ini banyak Negara yang membuat berbagai pe rjanjian international tentang perdagangan bebas,system quota ataupun pasar tunggal dan produksi utama. Selain itu, krisis moneter yang pernah terjadi pada tahun 1997 dan 2008, juga memiliki dampak terhadap perekonomian kopi dunia. Kondisi ini membuat Indonesia harus dapat meningkatkan kinerja ekspornya untuk berkompetisi dengan Negara lain di pasar nternasional. ujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengevaluasi daya saing ekspor dari kopi Indonesia di pasar dunia, (2) untuk menganalisis competitiveness kopi indonesia pada saat terjadinya krisis moneter di pasar dunia. Data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber, diantaranya United Nations COMTRADE, International Trade Center (ITC), Food Agriculture Association (FAO), asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI). Metode yang digunakan Revealed Comparative Advantage (RCA), Comparative Export Performance (CEP) dan Constant Market Share Analysis (CMSA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil perhitungan Revealed Comparative Advantage menggambarkan bahwa Indonesia menempati posisi ke empat dibawah Colombia, Brazil dan Vietnam. (2) Comparative Export Performance menggambarkan bahwa setelah tahun 1990 Indonesia tidak lagi memiliki keunggulan comparative dalam hal nilai dari industry kopi. Dari hasil study literature, kedua hasil tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya dikarenakan rendahnya kualitas kspor kopi Indonesia yang 90% berupa green-coffee. Selain itu menurut Siregar,2009 sebagian besar petani kopi Indonesia merupakan petani kecil dengan skill terbatas, yang membuat kebanyakan petani kopi Indonesia memanen kopisaat masih hijau, dan tidak mencapai kadar air yang dianjurkan %), sehingga banyakopi yang berjamur serta penggunaan alat pengupas yang tidak bagus membuat banyak kopi yang pecah. Hal ini tentu akan menurunkan nilai yang diterima Indonesia. Oleh karena itu walau pun dari segi produksi Indonesia merupakan salah satu produsen utama, namun dari sisi nilai ekspor masih tergolong rendah. (3) Sedangkan berdasarkan perhitungan constant market share didapatkan bahwa berdasarkan perhitungan tiap tahunya, diperoleh bahwa Indonesia tidak terlalu memiliki pola yang fluktuatif pada perubahan ekspor dan efek komposisi komoditasnya seperti Brazil. Effek pertumbuhan Indonesiapun relative berjalan selaras dengan ketiga Negara lainnya. Namun terjadi penurunan yang sangat tajam pada tahun 2007-2008 saat terjadi krisis moneter global. Pasa analisis yang menggunakan beberapa sub period yang ditentukan berdasarkan terjadinya kondisi perekonomian di Indonesia yaitu tahun 1991-1996; 1997-1998; 1999- 2007; 2008-2009; dan 2010-2011, kinerja kopi Indonesia memang mengalami penurunan pada saat krisis moneter pada tahun 1997/98 dan 2008/09. Sedangkan dari sub period lainnya, efek daya saing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekspor Indonesia tiap periodenya. Selain itu efek pemilihan komposisi komoditas atau jenis kopi yang di ekspor perlu diperhatikan kembali dan tidak hanya terpusat pada green coffee sebagai raw material saja. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) dengan mengetahui hasil analisi competitifness kopi Indonesia, sebaiknya Indonesia meningkatkan kualitas dan nilai tambah kopi agar dapat memperoleh nilai ekspor yang lebih tinggi. (2) untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan analisis CSMA yang dibedakan lebih rijit menurut j

English Abstract

Coffee is the second most widely traded commodity in the world. At the European market, Vietnam retained its position as second supplier, with a higher volume and somewhat higher import share increase 0.9 percentage points from 18.8% in 2009 to 19.7% in 2010. While Indonesia has the third position and its imports market share in EU dropped from 6.6% in 2009 to 5.8% in 2010 (European Coffee Report, 2010/11). Indonesia is the one of development country as a coffee main producer in the world. It`s plantations area are in Sumatra, Java, Bali, Flores and Papua. Before 1990s Indonesia was the third largest coffee producer and exporter in the world. However, it`s shifted by Viet Nam, even though the area plantations of coffee in In onesia were second largest after Brazil. Therefore the main purpose of this research is to evaluate the competitiveness position of Indonesian coffee industry to against with competitor in the world market. In 2010, the area of coffee plantations in Indonesia of 1,268,480ha is larger than Vietnam`s mere 514,400ha; however, Vietnam was able to produce 785,087tonnes more than Indonesia (FAO, 2012). More than 63% coffee production in Indonesia exported, make its stability depend on the condition of world market. The international agreements about free market, quota system, or one production base system make up the competitiveness among the exporter. Financial crises at 1997 and 2008 also have an impact for coffee market conditions. These conditions make Indonesia should improve their export performance to compete with others countries. The aims for this study are (1) To identify the export performance on the basic of country`s specialization of Indonesia coffee among another main coffee exporter in the world market. (2) To evaluate the competitiveness of Indonesian coffee at the time of financial crisis in the world market. The data were took from some resource such as United Nations COMTRADE, International Trade Center (ITC), Food Agriculture Association (FAO), and Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI). The methods analysis was used Revealed Comparative Advantage (RCA), Comparative Export Performance (CEP) and Constant Market Share Analysis (CMSA) . The result shows that (1) based on the Revealed Comparative Advantage, Indonesia was in the fourth position after Colombia, Brazil and Vietnam. (2) The Comparative Export Performance shows that after 1990 Indonesia hasn`t the comparative advantage in the term of value coffee industry. Form the literature review that result might caused by the low quality of Indonesia coffee (90% were green coffee). According to Siregar (2009), most of Indonesian coffee farmers are small unskilled farmer and make the post-harvest managements are inadequate, such as prematurely picking (picking green); drying did not reach terms that water content allowed (12.5%), so that the coffee beans are moldy; they used less standard coffee peeler so many of beans broken. The lack significant price differences between low and good quality of coffee beans on the markets. (3) The constant market share , in the annual year analysis, trend of export changes, growth effect of Indonesian same as another countries. However, there are some fall in 2007-08, at the time of global financial crises. In the periodical analysis, 1991-1996; 1997-1998; 1999-2007; 2008-2009; and 2010-2011, Indonesian coffee performance falling sharply at 1997/98 and 2008/09 . In another period, the competitiveness effect has a significant effect, and also the commodity compositions effect has to get more attentions, so Indonesia were not just export green coffee as raw material and could be add more value. The suggestion from this research are (1) Indonesia should improve their quality to improve the add-value for coffee, (2) for the future research, should be use the CSMA to a particular product with more detail qualifications and concentrated to each market from each countries, so we can get more the complete data about coffee market conditions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.4766393/PUR/t/041311552
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services
Divisions: S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jun 2014 11:32
Last Modified: 26 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156018
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item