Jabir, Sutomo (2012) Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan Jasa Konstruksi Lokal di Provinsi Kalimantan Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah berdampak pada perubahan sistim pelelangan proyek konstruksi menjadi lebih terbuka dan kompetitif. Oleh karena itu, untuk mempertahankan eksistensi, peruahaan yang berada diwilayah provinsi Kalimantan Timur harus merespon dengan meningkatkan daya saing. Keberhasilan dalam meningkatkan daya saing dipengaruhi oleh banyak variabel, yang disebut faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal perusahaan adalah kemampuan yang dimiliki perusahaan, sedangkan faktor eksternal adalah pengaruh lingkungan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor tersebut sekaligus merumuskan strategi yang relevan agar dapat meningkatkan daya saing di era persaingan yang semakin terbuka. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan jasa konstruksi yang berada di kota Samarinda, dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan jumlah sampel 75 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek analisis adalah variabel-variabel faktor internal dan variabel-variabel faktor eksternal. Hasil penelitian menghasilkan 20 variabel faktor internal dan 20 variabel faktor eksternal, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis faktor menghasilkan 6 faktor internal dan 8 faktor eksternal. Masing-masing faktor mempunyai tingkat pengaruh yang berbeda sesuai dengan bobot faktor. Semakin besar bobt faktor berarti semakin besar pula pengaruh faktor tersebut. Adapun bobot faktor internal, yaitu : Kapabilitas sebesar 0.972, Keterampilan sebesar 0.916, Pengorganisasian sebesar 0.650, SDM sebesar 0.830, Hub. Kerja sebesar 0.824, Kultur perusahaan sebesar 0.400. Sedangkan bobot faktor faktor eksternal adalah : Teknologi (0.933), Masyarakat (0.909), Lingkungan (0.843), Supplier (0.737), Politik (0.693). Pengguna Jasa (0.683), Ekonomi (0.626), Peraturan Jasa Konstruksi (0.558). Dari identifikasi faktor beserta bobotnya tersebut maka disusunlah strategi untuk meningkatkan daya saing.
English Abstract
The development of communication and information technology has influenced the change of the auction system of construction project into more open and competitive one. Therefore, to retain the existence, companies at East Kalimantan Province must respond by increasing competing ability. The success to increase the competing ability is affected by many variables such as internal and external factors. The company internal factor is the ability of company, while external factor is the effect of industrial environment. The objective of research is to identify the effect of factors and to formulate a relevant strategy to increase the competing ability in the competitive era. Research is located in the construction service company in Samarinda by using non-probability sampling method. The sample is 75 respondents. Data collection technique is questionnaire and interview. The object of analysis is both variables of internal factor and external factor. Result of research indicates that there are 20 variables of internal factor and 20 variables of external factor. These variables are analyzed by factor analysis method, thus producing 6 internal factors and 8 external factors. Each factor has different great rate based on the factor weight. The greater factor weight means greater effect of this factor. The weight of internal factors are capability of 0.972, skill of 0.916, organizing of 0.650, Human Resource of 0.830, Work Relationship of 0.824, and company culture of 4.00. The factor weight of external factors includes technology (0.933), community (0.909), environment (0.843), supplier (0.737), politic (0.693), service user (0.683), economic (0.626), and construction service regulation (0.558). Based on the identification of factor and weight, a strategy to increase competing ability is made.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/338.476 4/JAB/a/041202236 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 16 Oct 2012 14:30 |
Last Modified: | 16 Oct 2012 14:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156006 |
Actions (login required)
View Item |