Pengaruh Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten - Kota se-Wilayah Propinsi Jawa Timur (Tahun 2009-2013).

Sukmadianto, Ferdy (2015) Pengaruh Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten - Kota se-Wilayah Propinsi Jawa Timur (Tahun 2009-2013). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi desentralisasi fiskal mengalami kondisi semu ketika alokasi Dana Perimbangan rata-rata mengalami peningkatan tiap tahun tetapi tidak signifikan meningkatkan pelayanan publik dan dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menganalisis hubungan dan pengaruh yang ditimbulkan dari kebijakan desentralisasi fiskal yang diwujudkan dalam Dana Perimbangan sebagai unsur pendanaan dari pemer intah pusat dan PAD sebagai unsur pendanaan internal pemerintah daerah terhadap Belanja Modal sebagai representasi belanja pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat yang diproksikan melalui IPM sebagai tujuan akhir dari kebijakan desentralisasi fiskal. Penelitian ini mengambil sampel Kabupaten - Kota se-wilayah Propinsi Jawa Timur selama kurun waktu lima tahun (2009-2013) dengan menggunakan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, antara lain : Dana Perimbangan khususnya DAU dan PAD berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal, PAD berpengaruh positif signifikan terhadap IPM, sementara Dana Perimbangan sebaliknya dan Belanja Modal tidak bisa menjadi mediasi hubungan antara Dana Perimbangan dan PAD terhadap IPM dikarenakan sifat Belanja Modal seperti investasi yang pemanfaatannya tidak bisa dinikmati dalam jangka pendek. Kata Kunci: Desentralisasi Fiskal, Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, dan Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.014//p/2015/041507059
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2015 14:30
Last Modified: 26 Oct 2015 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155891
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item