Pengelolaan dan Pembinaan yang Berkesinambungan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Skala Mikro dalam Mencegah Kenaikan Non Performing Loan (NPL) KUR di BRI Cabang Malang Martadinata

Harianto, JohanesPungkyDwi (2012) Pengelolaan dan Pembinaan yang Berkesinambungan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Skala Mikro dalam Mencegah Kenaikan Non Performing Loan (NPL) KUR di BRI Cabang Malang Martadinata. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pembinaan yang berkesinambungan pada KUR mikro di BRI Malang Martadinata, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya NPL KUR mikro, serta mengetahui langkah-langkah yang ditempuh BRI guna menanggulangi NPL KUR mikro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun teknik yang digunakan adalah studi kasus dalam pengelolaan dan pembinaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) skala mikro di BRI Malang Martadinata karena dinilai berhasil dalam meminimalkan risiko kredit yaitu NPL (Non Performing Loan) KUR. Data diperoleh melalui wawancara terhadap informan yang mewakili pejabat kredit lini di BRI Unit wilayah kerja Malang Martadinata. Hasil analisis menjelaskan bahwa pengelolaan yang efektif disertai pembinaan yang berkesinambungan dapat menciptakan keragaan KUR mikro yang baik, kendala yang berkembang di masyarakat adalah adanya informasi asimetris mengenai sumber dana KUR, penyebab utama NPL adalah kegagalan usaha nasabah, direct selling merupakan metode yang baik dalam meningkatkan plafon KUR, pola pembinaan yang bersifat positive approach merupakan metode yang baik dalam penanganan NPL, serta adanya aturan baku yang harus dipatuhi untuk penyelesaian KUR bermasalah.

English Abstract

The purposes of this study are to determine the management and development of micro-scaled KUR at BRI Martadinata-Malang , to know the factors that influence the NPL level of micro-scaled KUR , and to observe the paces taken to tackle the NPL of micro-scaled KUR . This study uses qualitative methods, while the technique used is a case study of micro-scaled management and development in Kredit Usaha Rakyat (KUR) performed by BRI Martadinata-Malang considering its success in minimizing the credit risk of the NPL (Non Performing Loan) KUR. Data was obtained through interviews with the informants representing the official line of micro credit at BRI Martadinata Malang. The analysis explains that effective management and sustainable development can create a good micro KUR report, the developing constraints in the society due to the presence of asymmetric information about the source of KUR funds, the main cause of NPL is business failure, direct selling is an excellent method to increase the KUR plafond, positive approach-coaching pattern is an excellent method in handling NPL, and the enforcement of basic rules to deal with problematic KUR.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.742/HAR/p/041200692
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Aug 2012 11:41
Last Modified: 15 Aug 2012 11:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155813
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item