Rahma, ErlinYulia (2013) Analisis Variabel Fundamental Yang Berpengaruh Terhadap Price Earning Ratio (PER) Sebagai Dasar Penilaian Saham Pada Perusahaan Automotive And Allied Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Investor dalam menanamkan dananya pada saham sangat berkepentingan terhadap return. Oleh karena, sebelum menanamkan dananya investor perlu melakukan analisis terhadap kemampuan perusahaan. Salah satu analisis fundamental yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian saham adalah dengan menggunakan Price Earning Ratio. Analisis ini didasarkan atas kepercayaan bahwa nilai suatu saham sangat dipengaruhi oleh kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel fundamental yang mempengaruhi price earning ratio dari perusahaanperusahaan automotive and allied yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel-variabel tersebut adalah return on equity, debt equity ratio, earning per share, dividend payout ratio, price to book value dan earning growth. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sampel sensus. Sampel akhir yang diperoleh sebanyak 6 perusahaan selama periode 2007 sampai 2011. Teknik analisis menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on equity berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio, price to book value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap price earning ratio. Koefisien determinasi sebesar 0,536 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 53,6 %
English Abstract
Investors really expect the return of their investment in the future. Therefore they need to analyze company`s ability to make profit. One of the fundamental analysis taht usually used by investors analyze to value the stock price is by price earning ratio appoach. This analysis is based on the confident of the stock value and very affect by company performance. The current research is aimed at analysing fundamental variabels influencing price earning ratio of automotive and allied companies listed in Indonesia Stock Exchange. Those variabels could be return on equity, debt equity ratio, earning per share, dividend payout ratio, price to book value and earning growth. Sampling technique using saturated sampling or sample census. The last sample obtained is as much as 6 emiten along periode 2007 to 2011. Analysis technique uses multiple linear regression to test the effect of independent variables on dependen variable. The result indicated, variable of return on equity giving negative sign which is wrong in sign. Variable price to book value influenced positively and significant to price earning ratio. Coefficient determinant which is achieved is 0,536, which means that the prediction power of regresion model is 53,6 %.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/332.632.21/RAH/a/041400045 |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 08:52 |
Last Modified: | 21 Apr 2014 08:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155791 |
Actions (login required)
View Item |