Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Maulana, PanjiRizki (2015) Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor internal dan eksternal perusahaan perbankan di Indonesia terhadap Harga Saham pada periode waktu 2009 sampai dengan 2012. Penelitian ini menggunakan populasi yang dipilih menggunakan kriteria pemilihan populasi dan diperoleh 27 perbankan yang layak dijadikan populasi. Sampel penelitian menggunakan seluruh perusahaan yang masuk dalam populasi penelitian atau teknik pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan positivis dikarenakan menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasar pada CAMELS yaitu Modal, Kualitas Aset, Manajemen, Earning, Likuiditas dan Sensitivity untuk faktor internal perusahaan. Sedangkan untuk faktor eksternal dipilih variabel Produk Domestik Bruto (PDB), Nilai Tukar, dan Suku Bunga. Perhitungan data untuk faktor internal dilakukan dengan memilah komponen dari laporan keuangan yang masuk dalam rumus perhitungan. Untuk faktor eksternal dilakukan dengan menghitung sensitivitas setiap variabel terhadap masing-masing perbankan. Pengujian dilanjutkan dengan uji deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda pada program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari faktor internal, variabel Modal, Kualitas Aset, Earning berpengaruh signifikan positif terhadap harga Saham perbankan, sedangkan variabel Manajemen dan Likuiditas berpengaruh signifikan negatif terhadap Harga Saham, dan variabel Sensitivity tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Dari faktor eksternal, variabel Produk Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham dan variabel Suku Bunga berpengaruh signifikan negatif terhadap harga Saham perbankan, sedangkan variabel Nilai Tukar, tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga Saham perbankan yang ada di Indonesia.

English Abstract

This study aimed to determine the effect of the company`s internal and external factors in the Indonesian banking companies` from 2009 to 2013 period. This study used a population selected using selection criteria and the population acquired 27 banks that deserve to be the population. The research sample used all companies included in the study population or sample selection techniques using saturated sample. This type of research is quantitative positivist approach because the emphasis on testing theories through measurements of the study variables with numbers and perform data analysis with statistical procedures. The variables that are used in this study are based on CAMELS, namely Capital, Asset Quality, Management, Earnings, Liquidity and Sensitivity to internal factors. The external factors variables are Gross Domestic Product (GDP), Exchange Rates, Interest Rates. The data calculation for internal factors was done by selecting the components of the financial statements included in the calculation formula. For external factors was done by calculated the sensitivity of each variables to each bank. Testing continued with descriptive and hypothesis testing using multiple linear regression analysis in SPSS. The results of this study indicated that the internal factors, namely Capital, Asset Quality, and Earning have a positif significant effect to the bank`s stock price while Management and Liquidity have a negative significant effect to the bank stock price, and Sensitivity doens`t have an effect to the bank`s stock price. For the external factors, Gross Domestic Product (GDP) has a positive significant effect to the bank`s stock price, Interest Rates has a negative significant effect to the bank`s stock price, and Exchange Rates has no effect to the bank`s stock price.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.632 22/MAU/a/2015/041502963
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jun 2015 09:42
Last Modified: 19 Jun 2015 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155775
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item