Tanggung Jawab Direksi Sebagai Penjamin Perusahaan Berdasarkan Akta Perjanjian Penanggungan Utang Yang Dibuat Dihadapan Notaris.

Ichsan, MohammadFikri (2015) Tanggung Jawab Direksi Sebagai Penjamin Perusahaan Berdasarkan Akta Perjanjian Penanggungan Utang Yang Dibuat Dihadapan Notaris. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Direksi yang bertindak sebagai penjamin perusahaannya sendiri dalam suatu akta perjanjian penanggungan utang akan bertanggung jawab terhadap pelunasan utang perusahaan tempat ia bekerja kepada pihak bank/kreditur berdasarkan akta tersebut. Akta tersebut menjadikan direksi bertanggung jawab sampai ke harta pribadinya sendiri untuk menutup kerugian apabila perusahaan tidak melunasi utang kepada pihak bank/kreditur sebagaimana yang telah diperjanjikan. hal itu tidak sesuai dan Berbeda dengan yang disebutkan di dalam pasal 97 ayat (5) UUPT dimana direksi hanya bertanggung jawab sampai ke harta pribadi untuk menutup kerugian PT apabila kerugian tersebut terjadi karena kelalaian atau kesalahan direksi dalam menjalankan perusahaannya. Akta perjanjian penanggungan utang yang menjadikan direksi sebagai penjamin perusahaannya digolongkan sebagai akta yang batal demi hukum karena melanggar syarat sah perjanjian 1320 KUHPerdata yakni syarat obyektif klausula halal karena seperti yang terdapat di akta nomor 135 yang melepaskan hak-hak istimewa penjamin yang terdapat di dalam KUHPerdata pasal 1832 dan terdapat klausula yang mengenyampingkan Undang-undang Perseroan terbatas No.40 tahun 2007 pasal 97 ayat (5) yang menghapus hak direksi untuk membuktikan kerugian yang diderita bukan karena kesalahannya sehingga menjadikan direksi bertanggung jawab sampai ke harta pribadi terlepas lalai atau tidak melakukan kesalahan dalam pengurusannya. agar akta tersebut batal demi hukum memerlukan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap dan selama tidak ada pihak yang melaporkan akta tersebut baik itu dari debitur/penjamin maupun kreditur maka akta tersebut akan tetap berlaku Kata Kunci : tanggung jawab direksi, penjamin, akta perjanjian penanggungan utang.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.175 3/ICH/t/2015/041506993
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Dec 2015 09:37
Last Modified: 18 Dec 2015 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155728
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item