Determinan Efektifitas Sistem E-banking Di Mata Nasabah: Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi.

Hanum, Latifah (2013) Determinan Efektifitas Sistem E-banking Di Mata Nasabah: Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan efektifitas sistem ebanking. Faktor-faktor yang memengaruhi efektifitas sistem e-banking dalam penelitian ini yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan yang dipersepsikan dan kepercayaan atas sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan model kesuksesan sistem informasi Delone dan Mclean. Penelitian ini menggunakan metode survey dalam pengambilan data. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna e-banking yaitu nasabah pada sektor perbankan di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan yang dipersepsikan, kepercayaan atas sistem dan interaksi layanan memengaruhi efektifitas sistem e-banking dengan kepuasan pengguna sebagai indikatornya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa sub hipotesis, pertama, variabel kualitas sistem menghasilkan dua sub hipotesis yang diukur melalui dimensi interactivity dan access. Kedua, variabel kuallitas layanan menghasilkan dua sub hipotesis yang diukur melalui dimensi layanan yang diterima dan emphaty. Ketiga, variabel kegunaan yang dipersepikan menghasilkan dua sub hipotesis yang diukur melalui dimensi sistem yang bermanfaat dan kualitas kinerja pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah e-banking di kota Malang cenderung memiliki persepsi yang berbeda terkait kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan yang dipersepsikan dan interaksi layanan dari sistem e-banking yang diterima. Faktor tersebut disebabkan karena perbedaan demografi, usia dan budaya pada masyarakat kota Malang dibandingkan dengan masyarakat kota metropolitan.

English Abstract

The purpose of this research is to examine the determinant of effectiveness e-banking system. The independent variabels in this research are system quality, information quality, service quality, perceived usefulness and trust toward of system. This research used a Delone and Mclean Model (IS Success Model). This research used survey method in gathering data. Respondents of this reserach were e-banking users system in Malang. The result of this research shows that independent variabels affect the efectiveness of e-banking system with user satisfaction as the indicator variabel. Furthemore, the result of this research shows sub hypotesis. First, system quality can be explicated into two sub hypotesis, measured by two dimensions namely interactivity and access. The second, service quality can be explicated into two sub hypotesis, measured by two dimension namely acceptable services and emphaty. Third, perceived usefulness can be explicated into two sub hypotesis, measured by two dimension namely useful system and quality of user performance. This suggests that e-banking customers in the city of Malang tend to have different perceptions related to quality systems, quality of service, and perceived usefulness of the service interaction e-banking system is acceptable. These factors caused by differences in demographics, age and culture of the people than the people of Malang city metropolis.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.17/HAM/d/041400030
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2014 09:12
Last Modified: 21 Apr 2014 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155724
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item