Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Maryam, Dewi (2015) Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan terhadap agency cost dan kinerja perusahaan. Selain itu, pengaruh tidak langsung antara struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap agency cost juga di teliti dalam penelitian ini. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian tahun 2010-2014. Jumlah sampel penelitian sama seperti dengan jumlah populasi dengan metode sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis jalur. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan negatif antara ukuran perusahaan terhadap agency cost dan terdapat pengaruh signifikan negatif agency cost terhadap kinerja perusahaan, tidak terdapat pengaruh antara struktur modal terhadap agency cost dan tidak terdapat pengaruh struktur modal terhadap kinerja perusahaan, serta tidak terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Agency Cost, Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.041/MAR/p/2015/041508077
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Oct 2015 12:31
Last Modified: 28 Oct 2015 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item