Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Perio

Febriana, Elia (2014) Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Perio. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, kepemilikan saham manajerial dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini menggunakan kriteria : selama periode 2011-2013, perusahaan manufaktur memublikasikan laporan keuangan, membagikan dividen, dan adanya kepemilikan saham oleh manajerial. Berdasarkan kriteria populasi tersebut maka diperoleh sebanyak 15 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan saham manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Guna meningkatkan nilai perusahaan, maka perusahaan diharapkan dapat mempertahankan kondisi struktur modal yang optimal melalui adanya penggunaan hutang. Selain itu, agar publik tetap percaya akan prospek perusahaan maka perusahaan diharapkan mengetahui kriteria-kriteria apa saja yang menjadi dasar investor untuk menanamkan modalnya. Bagi investor dan calon investor perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia agar lebih seksama dan juga memperhatikan aspek kepemilikan saham manajerial sebagai pertimbangan dalam melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.041/FEB/p/2014/041702334
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Apr 2017 09:40
Last Modified: 05 Apr 2017 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155669
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item