Reaksi Pasar Modal Indonesia Atas Peristiwa Subprime Mortgage Di Amerika Serikat : Event Study 15 September 2008 pada Indeks LQ-45

Cahyarini, Lutfi (2010) Reaksi Pasar Modal Indonesia Atas Peristiwa Subprime Mortgage Di Amerika Serikat : Event Study 15 September 2008 pada Indeks LQ-45. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal Indonesia atas peristiwa Subprime Mortgage di Amerika Serikat yang terjadi pada 15 September 2008. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel seluruh saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ-45 atau merupakan data sensus. Jenis penelitian ialah studi peristiwa (Event Study) yang mengamati perbedaan nilai variabel pada 10 hari sebelum, saat dan 10 hari setelah pengumuman peristiwa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah return saham, abnormal return, security return variability dan trading volume activity. Penghitungan data dilakukan dengan menghitung nilai variabel berdasarkan analisis teknikal yang telah ada, kemudian menghasilkan nilai rata-rata variabel. Pengujian dilanjutkan dengan uji statistik dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test pada Program SPSS-17. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel return saham dan security return variability periode sebelum, saat, dan setelah, sedangkan variabel trading volume activity perbedaan yang signifikan hanya terjadi pada periode saat-setelah dan sebelum setelah. Variabel abnormal return menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada semua periode pengujian. Hal ini dikarenakan selisih nilai abnormal return yag cukup kecil antara periode sebelum, saat dan setelah pengumuman peristiwa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengumuman peristiwa Subprime Mortgage pada 15 September 2008 memiliki kandungan informasi sehingga menimbulkan reaksi di pasar modal Indonesia.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.041 5/CAH/r/041002526
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2010 13:43
Last Modified: 19 Nov 2010 13:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155661
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item