Strategi Pemasaran Politik Pasangan Calon Walikota Malang 2013 (Studi Fenomenologi Pemenangan Pasangan Moch. Anton-Sutiaji)

Arif, MohErfan (2014) Strategi Pemasaran Politik Pasangan Calon Walikota Malang 2013 (Studi Fenomenologi Pemenangan Pasangan Moch. Anton-Sutiaji). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh tim pemenangan pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Malang 2013 Moch. Anton-Sutiaji dan memahami bentuk-bentuk kampanye yang dilakukan. Pasangan ini merupakan salah satu kandidat yang didukung oleh koalisi partai terkecil. Moch. Anton sebagai calon walikota yang berasal dari etnis Tionghoa, sedangkan Sutiaji berasal dari Lamongan. Namun, pasangan ini mampu meraih suara terbanyak dan menang satu putaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim pemenangan pasangan calon Moch. Anton-Sutiaji memahami lingkungan pemasaran politik dengan baik. Dengan mengetahui kebutuhan pasar pemilih (masyarakat), memberdayakan kekuatan internal berupa organisasi-organisasi pendukung, dukungan modal yang besar (dana), kemampuan manajerial kandidat, besarnya investasi sosial (kedermawanan) yang telah dilakukan, dan program kampanye yang sesuai dengan keinginan pasar pemilih dalam bentuk wisata religi dan pemberian stimulan berupa door prize menjadi strategi yang tepat untuk memenangkan pasangan Moch. Anton-Sutiaji pada Pilkada Kota Malang 2013.

English Abstract

This study aims to uncover the political marketing strategy undertaken by the winning team-mate candidate for Mayor-Vice Mayor of Malang 2013 Moch. Anton-Sutiaji and understand the forms of the campaign. This pair is one of candidate supported by the smallest coalition party. Moch. Anton as a candidate for mayor who came from ethnic Chinese, while Sutiaji derived from Lamongan. However, the pair was able to reach the most votes and win the round. This study used a qualitative approach and phenomenological design. The results of this study demonstrate that Moch. Anton-Sutiaji winning team mate understand the political marketing environment well. By knowing the market needs voters (the public), empower the internal strength in the form of supporting organizations, the support of large capital (fund), managerial abilities of candidates, the amount of social investment (philanthropy) that has been done, and campaign program which suitable with voters want in the form of religious tourism and distribution of stimulants in the form of door prizes are the right strategy to win Moch. Anton-Sutiaji in the elections of Malang 2013.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/324.72/ARI/s/041407205
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 13 Nov 2014 14:35
Last Modified: 13 Nov 2014 14:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155600
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item