Persepsi Mahasiswa Pengguna Twitter Terhadap Personal Branding Tokoh Politik Menjelang Pemilihan Presiden Tahun 2014.

Wulan, BitaAsrining (2014) Persepsi Mahasiswa Pengguna Twitter Terhadap Personal Branding Tokoh Politik Menjelang Pemilihan Presiden Tahun 2014. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang telah semakin maju ini membawa kemajuan di bidang komunikasi. Dengan teori computer mediated communication (CMC) dapat terjadi penyampain pesan secara cepat dengan menggunakan komputer dan bantuan internet. Twitter salah satu sosial media yang sedang marak digunakan oleh semua kalangan, termasuk calon presiden seperti Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie. Pengguna twitter sebagian besar di usia remaja, mereka adalah khalayak aktif yang menggunakan media twitter untuk mencari tahu bagaimana sosok calon presiden yang hendak maju pada tahun depan. Khalayak yang aktif ini sebagaimana dijelaskan dalam teori uses and gratification. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap personal branding tokoh politik di twitter menjelang pemilihan presiden 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta analisis isi. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel non probability sampling untuk menentukan informan kunci, kemudian dilanjutkan dengan snowball sampling. Terdapat 6 informan yang memenuhi kriteria, 3 informan untuk Prabowo Subianto dan 3 lagi untuk informan Aburizal Bakrie. Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa persepsi yang dihasilkan oleh mahasiswa terhadap twitter dari Prabowo Subianto dipandang lebih positif dibanding persepsi terhadap Aburizal Bakrie meskipun pengelolaan twitter Aburizal Bakrie lebih baik dan ramah dibandingkan denga Prabowo Subianto. Sehingga respon yang aktif dan positif dari mahasiswa tidak berpengaruh terhadap persepsi yang dihasilkan. Dalam personal branding terdapat delapan konsep atau biasa dikenal dengan,the eights of law of personal branding. Dari delapan konsep tersebut Prabowo Subianto lebih dikenal dengan sosok yang memiliki kepribadian yang tegas, lugas, serta nasionalismenya tinggi, sedangkan Aburizal Bakrie memiliki law of visibility yang cukup baik sekali dalam mengelola twitter.

English Abstract

Technology developments nowadays bring communication into forward. With computer mediated communication (CMC) theory, it`s very potential to send messages quickly with Internet connection. Twitter is one of well-known social media, which is used by large number of societies. Including our president candidates, they are PrabowoSubianto and Aburizal Bakrie. Majority twitter users are teenagers, because teenagers are active society and they use twitter to let themselves know about their upcoming president. Active society had explained in uses and gratification theory. This study aims to identify college student`s perception about politician`s personal branding on twitter lately before the election on 2014.This research uses a qualitative approach,descriptive type of research and equipped withanalysis .This research uses non probability sampling to find main informant, and also snowball sampling. There are 6 suitable informants, 3 informants for PrabowoSubianto and 3 informants for Aburizal Bakrie. Based on data analysis, found that college student`s perceptions accorded to PrabowoSubianto`s twitter were better than their perceptions to Aburizal Bakrie`s although Aburizal twitter`s management much better. Then, active and positive responses from college students didn`t affected from politician`s personal branding. There are eight concepts in personal branding, known as the eight of law of personal branding. From the eight concepts, PrabowoSubianto known as a well behavior person with high nationalism while Aburizal Bakrie had very well law of visibility in twitter`s management.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/324.22/WUL/p/041401087
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.2 Political parties
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:51
Last Modified: 25 Apr 2014 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155597
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item