Pemahaman Nilai, Pengetahuan, dan Keterampilan Aktor Demokrasi dalam Proses Kebijakan Publik (Studi pada Peserta Program Sekolah Demokrasi yang Diselenggarakan Averroes Community, KID, dan NIMD Period

Febriasih, HappyBudi (2012) Pemahaman Nilai, Pengetahuan, dan Keterampilan Aktor Demokrasi dalam Proses Kebijakan Publik (Studi pada Peserta Program Sekolah Demokrasi yang Diselenggarakan Averroes Community, KID, dan NIMD Period. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pergeseran dari pemerintahan yang otoriter menuju pemerintahan yang demokratis sejak terjadinya reformasi menuntut adanya kebijakan publik yang responsif dan berbasis pada kepentingan publik. Untuk itu diperlukan, salah satunya adalah, actor- aktor demokrasi yang memahami kebijakan publik. Untuk mempercepat proses kebijakan publik yang demokratis maka diperlukan pendidikan demokrasi sebagai upaya sadar untuk membentuk kemampuan seluruh warga negara berpartisipasi secara bertanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan tata pemerintahan yang demokratis. Salah satu pendidikan demokrasi yang dimaksud adalah Program Sekolah Demokrasi yang dikembangkan di beberapa provinsi di Indonesia sejak 2006. Program ini berusaha menyampaikan tiga perkara kepada para peserta didik para calon aktor demokrasi yaitu nilai-nilai demokrasi, pengetahuan demokrasi, dan keterampilan-keterampilan demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methode analysis yakni penggalian data secara kuantitatif dan dilanjutkan pembahasan secara kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan tingkat pemahaman nilai, pengetahuan, dan keterampilan tentang demokrasi oleh para aktor demokrasi yang mengikuti dengan aktor demokrasi yang tidak mengikuti Program Sekolah Demokrasi melalui Analisis Sidik Ragam (Anova/Analysis of Variance) untuk kemudian menemukan kontribusi aktor demokrasi yang telah mengikuti Program Sekolah Demokrasi secara deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah perspektif New Public Service . Populasi dan sampel penelitian adalah peserta Program Sekolah Demokrasi angkatan 2010 dan rekan sederajat peserta Program Sekolah Demokrasi angkatan 2010 masing-masing 35 orang. Hasilnya, aktor demokrasi yang menjadi peserta Program Sekolah Demokrasi memiliki pemahaman yang lebih baik dan signifikan pada hampir seluruh variabel pemahaman nilai, pengetahuan dan keterampilan demokrasi. Oleh karena itu diharapkan para aktor demokrasi ini mampu mendiseminasikan ilmunya ke basis komunitas masing-masing sehingga turut serta memberikan kontribusi mewujudkan tata pemerintahan yang demokratis.

English Abstract

The shift from authoritarian rule to democratic government since the reform demands of public policy that is responsive and based on public interest. It required, one of which is, actors who understand the democratic public policy. To speed up the democratic process of public policy, it is necessary to study democracy as a conscious effort to establish the ability of all citizens to participate responsibly in the life of the nation in achieving democratic governance. One study of democracy in question is a Program Sekolah Demokrasi that was developed in several provinces in Indonesia since 2006. The program is trying to convey the three cases to the prospective student democracy actors, namely democratic values, democratic knowledges, and democratic skills. This study uses mixed methods approach to data mining analysis that quantitatively and qualitatively continued discussion. The purpose of this study was to examine differences in the level of understanding of value, knowledge, and skills of democracy by democratic between actors who follow and the democratic actors who do not follow the Program Sekolah Demokrasi through the analysis of variance (ANOVA/Analysis of Variance) and then find a contribution to democratic actors of Program Sekolah Demokrasi has followed a qualitative descriptive. The theory used is the perspective of the New Public Service. Population and sample was all of participant of Program Sekolah Demokrasi 2010 and co-equal 35 people each. The result, democratic actors who became the Program Sekolah Demokrasi participants have a better understanding and significant in almost all variables the understanding of value, knowledge and skills of democracy. It is therefore expected to democracy actors are able to disseminate their knowledge to their community base - one that helped and contributed to realize democratic governance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/321.8/FEB/p/041205677
Subjects: 300 Social sciences > 321 Systems of governments and states > 321.8 Democratic government
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Jan 2013 14:37
Last Modified: 03 Jan 2013 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155591
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item