Perbandingan Sistem Swakelola oleh Masyarakat dan Sistem Kontrak pada Penanganan Pekerjaan Prasarana Komunal pada Permukiman di Kota Batu

Oktovyanti, Nunky (2014) Perbandingan Sistem Swakelola oleh Masyarakat dan Sistem Kontrak pada Penanganan Pekerjaan Prasarana Komunal pada Permukiman di Kota Batu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelesaian pembangunan prasarana yang bersifat komunal di Kota Batu dapat dilakukan dengan sistem swakelola oleh masyarakat atau sistem kontraktual. Yang masih dalam obyek prasarana komunal meliputi IPAL komunal, paving jalan lingkungan dan drainase lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui perbandingan tahapan-tahapan pelaksanaan proyek konstruksi antara sistem swakelola dengan sistem kontrak pada pelaksanaan pekerjaaan Prasarana Permukiman yang bersifat Komunal (IPAL Komunal, Paving Jalan Lingkungan dan Drainase Lingkungan) di Kota Batu. (2) Mengetahui perbandingan, pada pola penanganan pekerjaan pembangunan prasarana pemukiman yang bersifat komunal antara sistem swakelola dan sistem kontrak dengan menentukan bobot kriteria antara sejumlah alternatif menggunakan metode AHP. (3) Memilih pola penanganan berdasarkan analisis kuantitatif pada pelaksanaan pekerjaaan prasarana yang bersifat komunal dengan sistem swakelola dan sistem kontrak di Kota Batu. Penelitian survei ini dilakukan dengan menyebar kuesioner serta wawancara dengan beberapa pemangku kepentingan ( Stakeholder ), pengawas lapangan, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), kontraktor pelaksana, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), dan Badan Keswadayaaan Masyarakat (BKM) di Kota Batu, Propinsi Jawa Timur. Terdiri dari 17 kuesioner yang disebarkan dan penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang digunakan dalam perbandingan sistem swakelola dan sistem kontrak adalah SDM, Dana, Kualitas, Waktu, Operasional dan Pemeliharaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kriteria dana merupakan kriteria dengan nilai bobot/prioritas tertinggi yaitu (40,4%), kemudian SDM (19,4%), kualitas pelaksanaan proyek (18,6%), operasional dan pemeliharaan (11,1%), waktu pelaksanaan proyek (10,6%). Untuk alternatif pelaksanaan proyek konstruksi pekerjaan prasarana permukiman yang bersifat komunal di Kota Batu yang paling banyak dipilih adalah sistem swakelola dengan bobot (52%), sedangkan sistem kontrak sebesar (48%) dari hasil evaluasi masing-masing alternatif.

English Abstract

Completions of communal infrastructure at Batu were constructed either by contractual method or self-managed method. The purposes of this study are: (1) to compare the stages of communal infrastructures construction between contractual and self-managed method, (2) to compare the pattern of communal infrastructures constructions on several projects, i.e. water treatment installation, road pavement and sewer, by determine the weight of each supporting parameters using AHP, and (3) to determine the implementation pattern by using quantitative analysis on several communal infrastructures based on contractual and self-managed method at Batu City. This study is conducted through survey and interview to the stakeholders, project supervisors, expert facilitators, contractors, community-based organizations and government agencies at Batu city, East Java Province. 17 questioners are distributed and analyzed by using Analytic Hierarchy Process (AHP). Several criteria are used to identify the reason of selections between contractual and self-managed method, i.e. human resources, fund, quality, schedule, operation and maintenance. The result shows that among the subjected criteria, fund has become the favorable reason with 40%, followed by human resources (19%), construction quality (19%), operation and maintenance (11%) and project schedule (11%). Among the method selection, self-managed method is preferably chosen with 52% rather than contractual ones with 48%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/307.14/OKT/p/041404196
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Aug 2014 11:12
Last Modified: 21 Aug 2014 11:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155563
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item