Kendala Dan Upaya Pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Di Kota Samarinda

Supa`at (2015) Kendala Dan Upaya Pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Di Kota Samarinda. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kendala dan Upaya Pengadaan Tanah Bagi Pelaksanaan Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Di Kota Samarinda” bertujuan untuk mengetahui kendala pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan di Kota Samarinda, untuk mengetahui tahapan-tahapan dan bentuknya ganti kerugian yang diberikan dan untuk mengetahui alasan-alasan penyelesaian pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan secara yuridis empiris yang menggunakan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan terhadap responden dan nara sumber, dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan yang menggunakan studi dokumen melalui bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Kedua data tersebut kemudian dianalisis secara yuridis kualitatif dalam menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pelaksanaan pengadaan tanah melalui tim independen yang ditunjuk oleh Kepala Kantor Badan Pertanahan Walikota/Bupati dimana pengadaan tanah sebagaimana yang diatur dalam peraturan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012. Besarnya ganti rugi uang yang diberikan kepada warga diaur dalam peraturan tersebut. Pelaksanaan Pengadaan tanah untuk kepentingan umum sampai sekarang mengalami hambatan karena terbatasnya dana yang tersedia di Pemkot melalui APBD dan masih adanya masyarakat yang belum mengambil ganti rugi sehingga tanahnya tidak dapat dibebaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa pelaksanaan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di Kota Samarinda, yaitu proses musyawarahnya dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu kegiatan penyuluhan dan pemberian informasi serta sosialisasi tentang pelaksanaan pangadaaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum serta menetapkan pengadaan tanah yang akan dikepras, dan pelaksanaan musyawarah untuk menetapkan bentuk dan besarnya ganti kerugian.

English Abstract

The study, entitled "Implementation Constraints Land Acquisition for Development for Public Interest In Samarinda City" aims to determine the constraint implementation of land acquisition for development in Samarinda, to determine the stages and compensation given shape and to know the reasons for the completion of land acquisition in the public interest. The method used in this research is using empirical juridical approach that uses primary data obtained from field research with respondents and informants, and secondary data obtained from the literature study using study materials document through primary law and secondary law. Both the data are then analyzed in a qualitative juridical answer the problem in this study. The results showed that the process of implementation of land acquisition through an independent team appointed by the Head of the Land Office Regent / Mayor where land acquisition as stipulated in applicable regulations, namely Act No. 2 of 2012. The amount of compensation money given to citizens diaur in these regulations. Procurement of land for public use until now have problems because of the limited funds available in the municipal government through the budget and there are still people who do not take the compensation so that the land can not be waived. The conclusion of this study is, that the implementation of land acquisition for the construction of public interest in Samarinda, the process of deliberations carried out in two stages, namely outreach activities and the provision and dissemination of information about the implementation of pangadaaan land for development in the public interest and to determine land acquisition will must be cut, and the implementation of the deliberations to determine the form and amount of compensation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/307.12/SUP/k/2015/041503805
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:47
Last Modified: 18 Aug 2015 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155553
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item