Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Ekonomi Kreatif Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Permana, Bagus Udiansyah (2016) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Ekonomi Kreatif Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan ekonomi kreatif di Kabupaten Pasuruan sangat mendukung peningkatan ekonomi lokal. Salah satu cara pengembangan ekonomi lokal yaitu dengan pemberdayaan masyarakat. Sentra Industri kerajinan ATBM di Kecamatan Purwosari merupakan potensi unggulan daerah yang mampu menyerap tenaga kerja lokal dan memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan masyarakat, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. Penelitian ini memfokuskan pada pemberdayaan masyarakat pada kerajinan ATBM melalui inovasi ekonomi kreatif. Adapun tujuan penelitian 1) Menganalisis pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan kerajinan ATBM, 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan pemberdayaan kerajinan ATBM, 3) menganalisis peran aktor utama ekonomi kreatif pada pengembangan pemberdayaan kerajinan ATBM. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil pembahasan diidentifikasi menggunakan analisis SWOT. Informan ditentukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 1) pemberdayaan masyarakat pada kerajinan ATBM dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya manusia lokal. Strategi dan pendekatan pemberdayaan yang digunakan adalah 5P (pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan). 2) faktor pendorong : SDM lokal mempunyai kreativitas tinggi, pemberdayaan kerajinan ATBM berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat miskin perajin ATBM, dukungan pemerintah melalui Gelar Produk Unggulan setiap tahun dapat meningkatkan akses pemasaran. Faktor penghambat : akses permodalan yang terbatas, sulit mendapat tenaga kerja karena upah rendah dan lebih memilih bekerja di pabrik, produk ATBM belum terstandarisasi sehingga rentan akan persaingan dengan produk ATBM dari daerah lain. 3) peran pemerintah: regulator, fasilitator, konsumen, dan investor ; peran bisnis: pencipta peluang pasar, mitra usaha dan lapangan kerja dan pembinaan kelompok masyarakat ; peran cendekiawan: pendorong penciptaan SDM kreatif dan penggerak pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/307. 14/PER/s/2016/041602157
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Mar 2016 10:45
Last Modified: 19 Apr 2022 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155547
[thumbnail of Bagus Udiansyah Permana,.pdf] Text
Bagus Udiansyah Permana,.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item