Pengaruh Iklim Etika Dan Machiavellianisme Terhadap Persepsi Etis Mengenai Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Sunani, Avi (2015) Pengaruh Iklim Etika Dan Machiavellianisme Terhadap Persepsi Etis Mengenai Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah iklim etika dan Machiavellianisme memengaruhi persepsi etis mengenai manajemen laba. Data penelitian ini dikumpulkan dari 101 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian terdiri dari 143 manajer, auditor internal, supervisor, staf bagian keuangan, dan staf bagian akuntansi. Hasil uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa iklim etika berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mengenai manajemen laba. Dengan kata lain, responden berada pada iklim etika organisasi yang menekankan pada kepentingan pribadi dan laba perusahaan (iklim instrumental) sehingga mendorong mereka berpersepsi bahwa manajemen laba adalah etis. Hasil studi juga menunjukkan bahwa Machiavellianisme tidak memengaruhi persepsi etis. Hal tersebut disebabkan karena terdapat fakta bahwa mayoritas skor Machiavellianisme responden adalah rendah. Hasil analisis pengujian tidak langsung menunjukkan persepsi pentingnya etika dan tanggung jawab sosial tidak terbukti berperan sebagai variabel mediasi pada pengaruh iklim etika dan Machiavellianisme terhadap persepsi etis. Temuan studi ini memiliki implikasi penting, yakni usaha organisasi untuk meningkatkan iklim etika organisasinya dapat meningkatkan persepsi pegawai akan pentingnya etika dan tanggung jawab sosial perusahaan. Selain itu, dengan meningkatkan iklim etika organisasi yang mendukung perilaku etis akan mendorong pegawai untuk lebih kritis terhadap tindakan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.361 3/SUN/p/2015/041505599
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 09 Sep 2015 13:33
Last Modified: 09 Sep 2015 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155532
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item