Analisis Etos Kerja Pemulung Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Kecamatan Tikung Lamongan (Study Pemulung Muslim Di Desa Jatirejo Kecamatan Tikung Lamongan)

Mahmudah, Henny (2014) Analisis Etos Kerja Pemulung Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Kecamatan Tikung Lamongan (Study Pemulung Muslim Di Desa Jatirejo Kecamatan Tikung Lamongan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengimplementasian Etos Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Pemulung Muslim di desa Jatirejo dusun Topeng Kecamatan Tikung Lamongan. Subyek penelitian adalah Pemulung muslim di Desa Jatirejo Kecamatan Tikung Lamongan sejumlah 50 orang. Metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Metode analisis menggunakan Model regresi logistik . Hasil penelitian : 1. Pengimplementasian etos kerja individu muslim yang sebagian besar mempunyai etos kerja tinggi dapat meningkatkan pendapatannya, sehingga dengan demkian kualitas hidup mereka dapat meningkat. Dalam hal ini dapat dilihat dari nilai Negelkerke R Square kualitas hidup sebesar 0,551, hal ini berarti 55,1% variabel Kualitas Hidup dapat diterangkan oleh variabel Etos Kerja, sedangkan nilai Negelkerke R Square pendapatan sebesar 0,552, hal ini berarti 55,2% variabel Pendapatan dapat diterangkan oleh variabel Etos Kerja, demikian juga dari hasil pengamatan di lapangan mereka yang mempunyai penghasilan lebih tinggi dikarenakan mereka tidak hanya mengharapakan dari kerja sebagai pemulung saja tetapi dengan kemampuan yang dimilikinya mereka mendapatkan penghasilan lain seperti menjadi buruh tani pada waktu musim tanam dan musim panen dan sebagian sebagai tenaga kasar bagi mereka yang membutuhkannya. Sehingga dapat dimaknai bahwa dengan bekerja saja tidak cukup, perlu adanya peningkatan, motivasi dan niat 2. Terdapat hubungan yang kuat antara keduanya yakni semakin tinggi etos kerja seseorang maka semakin tinggi tingkat kualitas hidupnya dan semakin rendah etos kerja seseorang maka akan semakin rendah tingkat kualitas hidupnya hal ini berpengaruh pula pada tingkat pendapatannya. Kata kunci : etos kerja, kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.361 3/MAH/a/2015/041507173
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jan 2016 11:44
Last Modified: 20 Jan 2016 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155530
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item