Peran Keluarga Dalam Mempengaruhi Kinerja Pegawai Melalui Variabel Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada KPPN Malang).

Iqbal, Muhammad (2015) Peran Keluarga Dalam Mempengaruhi Kinerja Pegawai Melalui Variabel Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada KPPN Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia yang hebat akan menghasilkan kinerja pegawai yang hebat pula. Pegawai akan tumbuh sebagai aset yang luar biasa produktif, saat mereka mendapatkan lingkungan kerja yang etis, yang membantu mereka untuk hidup lebih sehat dan lebih berharga, serta yang memberikan mereka kesempatan untuk meningkatkan karir melalui pencapaian kinerja pegawai yang terbaik. Perubahan demografi tenaga kerja seperti peningkatan jumlah wanita bekerja dan pasangan suami-isteri yang keduanya bekerja telah meningkatkan hubungan ketergantungan antara pegawai dan keluarga dan mendorong konflik antara tuntutan pegawai dan keluarga. Perubahan ini juga meningkatkan perhatian publik dan menuntut pengelola organisasi untuk mengadaptasi kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pegawai dan keluarga. Adaptasi terhadap kebijakan yang berhubungan dengan pegawai dan keluarga dapat disebut sebagai investasi jangka panjang organisasi karena dapat menunjang peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan dalam jangka panjang Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus, model analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran keluarga berpengaruh terhadap kinerja pegawai Ditjen Perbendaharaan, 2) Peran keluarga berpengaruh pada kepuasan kerja pegawai Ditjen Perbendaharaan, 3) Kepuasan kerja pegawai berpengaruh pada Kinerja pegawai Ditjen Perbendaharaan, 4) Peran Keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai Ditjen Perbendaharaan melalui kepuasan kerja pegawai. Kata Kunci : Peran keluarga, Family-work Conflict, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.36/IQB/p/2015/041507023
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:40
Last Modified: 08 Jan 2016 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155529
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item