Mengungkap Makna Kekayaan “Istana Dalam Loka” (Studi Etnografi Di Suku Samawa Pulau Sumbawa)

Martadinata, Sudrajat (2015) Mengungkap Makna Kekayaan “Istana Dalam Loka” (Studi Etnografi Di Suku Samawa Pulau Sumbawa). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul Mengungkap Makna Kekayaan “Istana Dalam Loka” (Studi Etnografi di Suku Samawa Pulau Sumbawa), bertujuan untuk menemukan makna kekayaan dari “Istana Dalam Loka” menurut pandangan pemerhati budaya Sumbawa. Menggunakan pendekatan etnografi ala Spradley. Ditemukan makna kekayaan menurut pemerhati budaya Sumbawa dalam konteks “Istana Dalam Loka”, bahwa kekayaan itu merupakan alat untuk beribadah kepada Tuhan, alat untuk membina hubungan baik dengan alam, alat untuk membina hubungan baik dengan sesama manusia, alat untuk mendapatkan pengetahuan, dan alat untuk memperoleh kesejahteran hidup. Dengan ini artinya bahwa penelitian ini telah memberikan kontribusi terhadap keluasan pemaknaan kekayaan dalam ilmu akuntansi.

English Abstract

This study titled Uncovering Meaning of Wealth "Istana Dalam Loka" (Ethnographic Studies in Sumbawa Island Tribe Samawa), aims to discover the meaning of "Istana Dalam Loka" as a cultural observer of wealth in view of Sumbawa. Using an ethnographic approach Spradley style. It was found that the meaning according to observers of the cultural richness of Sumbawa in the context of "Istana Dalam Loka", that wealth is a means to worship God, means to foster good relations with nature, a tool for building good relationships with fellow human beings, a tool to gain knowledge, and tools to obtain the welfare of life. By this means that this research has contributed to the breadth of meaning of wealth in accounting sciences.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/305.8/MAR/m/2015/041503821
Subjects:
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 14 Aug 2015 15:22
Last Modified: 14 Aug 2015 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155526
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item