Realisasi Verbal Dan Nonverbal Sebagai Penanda Keterbukaan Individu Dalam Kegiatan Ngopi: Studi Kasus Etnografi Komunikasi Di Malang

Wibisono, Vania (2015) Realisasi Verbal Dan Nonverbal Sebagai Penanda Keterbukaan Individu Dalam Kegiatan Ngopi: Studi Kasus Etnografi Komunikasi Di Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian etnografi Komunikasi untuk mengetahui pola komunikasi di tiga kafe modern di Malang dan kemudian ditemukan realisasi verbal dan non verbal sebagai penanda Keterbukaan Individu di ketiga kafe modern di Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi lalu data di bahas menggunakan teori S.P.E.A.K.I.N.G Dell Hymes Temuan penelitian ini adalah berupa pola komunikasi yaitu : , (i) tawaran tempat duduk untuk pelanggan sebagai sambutan selamat datang oleh pelayan, (ii) memesan melalui pramusaji atau pelayan, (iii) pelanggan bertanya mengenai produk kepada pelayan, (iv) pelanggan menyapa pelanggan lain yang dikenal, (v) basa-basi antar pelanggan yang saling mengenal, (vi) menggunakan kata kedua tunggal Mbak dan Mas, (vii) pelayan mengucapkan selamat tinggal/terimakasih baik lisan maupun tulisan. realisasi verbal sebagai penanda keterbukaan individu yaitu dari tingkat (i) kosakata dan tingkat (ii) wacana baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris, baik lisan dan tulisan, dan Realisasi non verbal sebagai penanda keterbukaan individu (i) posisi badan pelayan menghadap ke pelanggan, (ii) ekspresi muka sebagai pengganti realisasi verbal, (iii) penggunaan tangan kanan atau kedua tangan, dan (iv) penggunaan alat elektronik sebagai penanda keterbukaan individu dalam berkomunikasi. Realisasi non-verbal akan memperkuat realisasi verbal. Kesimpulan yang didapatkan di ketiga kafe tersebut berasal dari interaksi pelayan dan pelanggan dan antar pelanggan yang saling kenal. Kecenderungan individualistik yang terjadi di lokasi membuat keterbukaan Individu menjadi minim dibandingkan dengan kedai kopi tradisional. Saran peneliti terhadap penelitian selanjutnya adalah memperkaya penelitian etnografi komunikasi di ruang publik dinilai dari realisasi verbal dan non verbalnya agar dapat menambah wawasan komunikasi yang berkaitan dengan kebudayaan di Malang dan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/305. 8/WIB/r/2015/041506688
Subjects:
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Mar 2016 10:55
Last Modified: 18 Mar 2016 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155517
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item