Strategi Pemberdayaan Lansia Miskin Yang Potensial (Studi Kasus Di Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya

Hayati, Nurul (2016) Strategi Pemberdayaan Lansia Miskin Yang Potensial (Studi Kasus Di Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam pelaksanaan program penanggulangan dan pengentasan kemiskinan. Lansia miskin yang potensial merupakan salah satu kelompok yang memiliki potensi untuk diberdayakan agar mereka bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji partisipasi lansia miskin yang potensial dalam pelaksanaan program pemberdayaan untuk kemudian menemukan konsep strategi pemberdayaan bagi lansia miskin yang potensial di Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pengamatan dokumen. Penentuan informan dilakukan dengan metode purposive sampling dan ruang lingkup penelitian yaitu pada lansia miskin yang potensial. Penyusunan rancangan konsep strategi pemberdayaan menggunakan pendekatan 5P Edi Suharto. Dari hasil penelitian diketahui bahwa partisipasi lansia miskin yang potensial di Kelurahan Morokrembangan masih rendah yang disebabkan adanya rasionalitas yang dilatarbelakangi kurangnya pemahaman tentang kegiatan pemberdayaan bagi lansia, tidak ada yang mengajak, kemiskinan yang dialami dan rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki. Rancangan konsep strategi pemberdayaan dimulai dengan merubah rasionalitas yang dimiliki yaitu dengan meningkatkan pemahaman lansia miskin melalui kegiatan sosialisasi. Kegiatan pemberdayaan lansia miskin yang potensial sangat membutuhkan dukungan dari pembina dan pendamping pemberdayaan baik dari segi manajemen maupun pendanaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/305. 26/HAY/s/2016/041601989
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.2 Age groups
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Mar 2016 11:12
Last Modified: 28 Mar 2022 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155516
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of halaman judul.pdf]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan.pdf]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Transkrip Wawancara.pdf]
Preview
Text
Transkrip Wawancara.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of Tesis full body.pdf]
Preview
Text
Tesis full body.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item