Pengembangan Pelayanan Elektronik Pada Tiga Lembaga Penerbitan Perguruan Tinggi Di Kota Malang

Kartika, CitrawatiFikri (2015) Pengembangan Pelayanan Elektronik Pada Tiga Lembaga Penerbitan Perguruan Tinggi Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perguruan Tinggi melalui University Press dilihat sebagai gatekeepers of ideas atau penjaga pintu utama dalam penerbitan ilmiah yang bukan saja menyumbang pada industri buku, bahkan bertanggung jawab dalam melahirkan komunitas ilmuwan. Ilmuwan tersebut yang pada akhirnya banyak menuliskan karya-karyanya dan diserahkan pada penerbit. Penerbit sebagai wadah ilmuwan untuk mencetak karyanya juga harus memberikan pelayanan yang optimal tidak hanya secara konvensional namun kedepannya juga memberikan pelayanan elektronik. Gambaran mengenai fenomena aplikasi e-service oleh lembaga penerbit UB Press, UM Press dan UIN-Maliki Press untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder agar terjaga kepercayaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pengembangan pelayanan elektronik pada penerbit perguruan tinggi di kota malang dan mengetahui persepsi stakeholder pada lembaga penerbit perguruan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di 3 penerbit perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Malang, antara lain Universitas Brawijaya Press, Universitas Malang Press, dan UIN Maliki Malang Press. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu keabsahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang dikumpulkan maka peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: strategi kesiapan dari tiga lembaga penerbitan perguruan tinggi di kota Malang yaitu UB Press, UM Press dan UIN Maliki Press terlihat mempunyai upaya untuk menghadapi persaingan di era digital dengan mempersiapkan rencana kerja yang matang. Rencana kerja tersebut juga akan didukung oleh ahli-ahli teknologi informasi, sehingga digitalisasi penerbitan dapat terwujud. Upaya dan Inovasi yang dilakukan oleh UIN Maliki Press sudah berjalan dengan baik yaitu penambahan SDM dan mengadakan pameran-pameran buku untuk mengenalkan tentang eksistensi UIN Maliki Press.Dari ketika penerbitan, UB press lebih dahulu memulai pengembangan pelayanan elektronik.Rencana yang tertuang dalam program kerja 2014 tidak sekedar argumen dalam wawancara. Harapan stakeholder internal dalam pengembangan e-service di lembaga penerbitan mempunyai harapan pelayanan e-service yang berkualitas. Melalui layanan elektronik dapat merangkul semua stakeholder penerbitan, akan tetapi stakeholder eksternal masih kurang antusias terhadap layanan elektronik, serta masing-masing penerbit berbeda satu sama lain karena fokus dalam menjalankanya juga berbeda

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/070.594/KAR/p/2015/041601639
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 070 Documentary media, educational media, news media; journalism; publishing > 070.5 Publishing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Apr 2016 13:49
Last Modified: 21 Apr 2016 13:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155460
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item