Khabibah, Umi (2013) Analisis Perbandingan Efektifitas Sistem Informasi Berbasis www.jpc-polinema.com dengan Facebook JPC Polinema 2 untuk Pencarian Informasi Lowongan Kerja (Studi Kasus di JPC Polinema). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Politeknik Negeri Malang (Polinema) adalah salah satu perguruan tinggi vokasi yang menyelenggarakan program pendidikan D III dan D IV. Kampus I berada di Jl. Veteran Po Box 04 Malang dan Kampus II di Jl. Soekarno-Hatta No. 9 Malang. Job Placement Center (JPC) Polinema adalah unit kerja yang ada di lingkungan Polinema yang berdiri pada 1 April 2008 dan memiliki tugas utama membantu mempertemukan perusahaan penyedia lowongan kerja dengan pencari kerja, khususnya pencari kerja dari lingkungan Polinema. Pencari kerja tersebut tergabung dalam member JPC Polinema. Model pengukuran keberhasilan sistem informasi yang dikemukakan oleh William H. DeLone dan Ephraim R. McLean, yang dikenal dengan The Reformulated D&M IS Success Model ini terdiri dari enam variabel yaitu: Information Quality berkaitan dengan output sistem informasi, Sistem Quality yang mengevaluasi sistem pengolahan informasi itu sendiri, Service Quality untuk mengakses harapan konsumen dan persepsi mengenai kualitas pelayanan dalam organisasi retail dan jasa, Sistem Use berkaitan dengan penggunaan output dari sistem informasi oleh penerima, User Satisfaction berkaitan dengan respons penerima terhadap penggunaan output sistem informasi, Net Benefits suatu rangkaian kesatuan dari entitas individual sampai nasional yang dapat memberi dampak ( impact ) bagi aktivitas sistem informasi. (Delone dan McLean:2002). Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Perhitungan dilakukan berdasarkan statistik dengan bantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) for Windows versi 16, kemudian dilakukan penafsiran terhadapangka-angka yang diperoleh. Pada penelitian ini yang akan diteliti adalah permasalahan komparatif yaitu, membandingkan perbedaan efektivitas Sistem Informasi lowongan kerja berbasis www.jpc-polinema.com dengan facebook jpc polinema 2. Populasi pengguna facebook jpc polinema 2 dan pengguna www.jpc-polinema.com dalam penelitian ini adalah sama, yaitu keseluruhan mahasiswa D3 Polinema lulusan tahun 2012 yang tergabung dalam member JPC Polinema berjumlah 1.033 orang. Adapun penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini 10 % dari populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel (Sugiyono, 2011). Sampel penelitian ini dibagi dalam dua kelompok, pengguna facebook jpc polinema 2 dan kelompok pengguna www.jpc-polinema.com dengan jumlah masing-masing 100 orang. Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas sistem dari sitem informasi berbasis facebook jpc polinema 2 dan berbasis www.jpc-polinema.com. Menurut persepsi responden, sistem informasi lowongan kerja berbasis facebook jpc polinema 2 rata-rata sangat tinggi karena dianggap bisa memberikan kenyamanan untuk diakses. 2. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas informasi dari sistem informasi berbasis facebook jpc polinema 2 dan berbasis www.jpc-polinema.com. Menurut persepsi responden, sistem informasi lowongan kerja berbasis facebook jpc polinema 2 rata-rata sangat tinggi karena dianggap bisa memberikan kegunaan/manfaat. 3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan dari sistem informasi berbasis facebook jpc polinema 2 dan berbasis www.jpc-polinema.com. Menurut persepsi responden, sistem informasi lowongan kerja berbasis facebook jpc polinema 2 rata-rata sangat tinggi karena memberikan tingkat pengendalian user atas sistem. 4. Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat memakai dari sistem informasi berbasis facebook jpc polinema 2 dan berbasis www.jpc-polinema.com. Menurut persepsi responden, sistem informasi lowongan kerja berbasis facebook jpc polinema 2 rata-rata sangat tinggi karena faktor digunakan sesuai tujuan yang diharapkan. 5. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pemakaian dari sistem informasi berbasis facebook jpc polinema 2 dan berbasis www.jpc-polinema.com. Menurut persepsi responden, sistem informasi lowongan kerja berbasis facebook jpc polinema 2 rata-rata dianggap memiliki kualitas respon terhadap permintaan use
English Abstract
Politeknik Negeri Malang (Polinema) is one of vocational higher education which runs D-III and D-IV programs. Campus I is located at Jl. Veteran Po Box 04 Malang and Campus II is at Jl. Soekarno-Hatta No. 9 Malang. Job Placement Center (JPC) Polinema is a service unit in Polinema founded on 1 April 2008 which functions mainly to make the meeting of vacancy providers and vacancy seekers, especially the graduates of Polinema, possible. These vacancy seekers are members of JPC Polinema. The model of effectiveness measurement for the information system uses the model described by William H. DeLone and Ephraim R. McLean, known as The Reformulated D&M IS Success Model, comprising of six variables: Information Quality, related to the output of information system; Quality System, to evaluate the system management itself; Service Quality to access the consumers ‟ expectation and perception of the service quality in retail and service organizations; System Use, related to the use of output of information system by the users; User Satisfaction, related to the users ‟ responses to the use of information system; and Net Benefits, a set of individual and national which might produce impacts on the information system activities (Delone dan McLean:2002). This research applied the quantative method. Measurements were done statistically using Statistical Program for Social Science (SPSS) for Windows version 16, the numerical results of which were then interpreted. The research focuses on comparative issues, that are, to compare differences in the effectiveness of the information systems of vacancies based on www.jpc-polinema.com and based on facebook jpc polinema 2. The population was the same users of facebook jpc polinema 2 and of www.jpc-polinema.com who were all graduates of 2012 D3 Polinema as members of JPC Polinema counting for 1.033 members. The number of sample in this research was 10% of the population using Probability Sampling, that is a sampling technique which gives the same probability to each member of the population to be picked up (Sugiyono, 2011). The sample was divided into two groups: the users of facebook jpc polinema 2 and the users of www.jpc-polinema.com, each of which counting for 100 members. Some conclusions were then drawn from the research as the following: 1. There is a significant difference between the qualities of the information system based on facebook jpc polinema 2 and the one based on www.jpc-polinema.com. According to the respondents ‟ perception the facebook jpc polinema 2-based vacancy information system was high in average because it could provide easy access to it. 2. There is a significant difference between the qualities of the information system based on facebook jpc polinema 2 and the one based on www.jpc-polinema.com. According to the respondents ‟ perception the facebook jpc polinema 2-based vacancy information system was high in average because it provided good benefits. 3. There is a significant difference between the qualities of the information system based on facebook jpc polinema 2 and the one based on www.jpc-polinema.com. According to the respondents ‟ perception the facebook jpc polinema 2-based vacancy information system was high in average because it could give the users a good control on the system. 4. There is a significant difference between the users ‟ interest to the facebook jpc polinema 2-based informatio
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/025.04/KHA/a/041308732 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 025 Operations of libraries, archives, information centers |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 14 Feb 2014 16:42 |
Last Modified: | 14 Feb 2014 16:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155455 |
Actions (login required)
View Item |