Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id)

Moerti, Hari (2015) Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

eCommerce adalah kepanjangan dari electronic commerce yang berarti perdagangan elektronik atau transaksi bisnis yang terjadi di jaringan elektronik seperti internet. Sebagai sebuah bisnis, website eCommerce harus dapat diterima dan digunakan oleh para penggunanya sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis penggunaan Sistem Informasi pada pengguna website eCommerce dengan pendekatan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Tujuan penelitian secara lebih spesifik adalah untuk : menguji pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial terhadap Niat Keperilakuan; menguji pengaruh Kondisi-kondisi Pemfasilitasi, Niat Keperilakuan terhadap Perilaku Menggunakan; menguji pengaruh Umur sebagai variabel moderasi. Metode/pendekatan -- Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sejumlah 100 orang yang telah mengisi kuesioner secara online. Metode sampling yang digunakan penelitian ini adalah sampel acak sederhana. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala perbedaan semantik dengan serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub berlawanan) berisikan 7 titik butir skala, gradasi dari sangat negatif sebelah kiri titik 1 sampai sangat positif sebelah kanan titik 7. Metode analisis data penelitian ini menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil -- (1) Ekspektasi Kinerja berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (1a) Ekspektasi Kinerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang di moderasi Umur; (2) Ekspektasi Usaha berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (2a) Ekspektasi Usaha berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang dimoderasi Umur; (3) Pengaruh Sosial berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (3a) Pengaruh Sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang dimoderasi Umur; (4) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan; (4a) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Menggunakan yang dimoderasi Umur; (5) Niat Keperilakuan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan; Temuan -- Keberadaan variabel moderasi Umur ternyata tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antar variabel dalam penelitian ini.

English Abstract

eCommerce is an abbreviation of electronic commerce which means any commerce or business transactions that occur in the electronic networks such as the Internet. As part of business activities, eCommerce websites should be accepted and utilized by the user to increase productivity. Purpose – The Purpose of this research was to analyze the use the Information System to the ecommerce website users with Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model approach. The objectives of this study in more specific were to: examine the effect of the Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence on the Behavioral Intention; examine the effect of the Facilitating Conditions, Behavioral Intention on the Use Behavior; examine the effect of Age as moderating variable; Methodology/approach -- This research is an explanatory research by using quantitative approach. Respondents in this study were 100 people who have filled out an online questionnaire. The sampling method of this study was a simple random sampling. The measurement scale used in this study was a semantic differential scale with a series of bipolar characteristics (two opposite polar) containing of a seven point scale, gradation from very negative to the left at the point 1 to the very positive right at the point 7. The data were then analyzed by using GSCA (Generalized Structured Component Analysis) method. Results -- (1) Performance Expectancy have significant effect on the Behavioral Intention; (1a) Performance Expectancy have negative and not significant effect on the Behavioral Intention moderated by Age; (2) Effort Expectancy have significant effect on the Behavioral Intention; (2a) Effort Expectancy have negative and not significant effect on the Behavioral Intention moderated by Age; (3) Social Influence has significant effect on the Behavioral Intention; (3a) Social Influence has positive and not significant effect on the Behavioral Intention moderated by Age; (4) Facilitating Conditions have significant effect on the Use Behavior; (4a) Facilitating Conditions have negative and not significant effect on the Use Behavior moderated by Age; and (5) Behavioral Intention has significant effect on the Behavioral Use; Findings -- The existence of moderating variable Age did not have a significant influence on the relationship among the other variables in this study.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/006.78/MOE/a/2015/041505074
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Aug 2015 09:34
Last Modified: 26 Aug 2015 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155453
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item