Fatnuriyah, Martin (2012) Rancang Bangun Perangkat Lunak I-BOT (Information System Chatterbot) Menggunakan AIML (Artificial Intelligence Markup Language) Berbasis Program O (PHP dan MySQL) untuk Akses Sistem Informasi PMDFT UB. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Selama ini, akses terhadap sistem informasi sebuah institusi atau perusahaan dilakukan dengan melakukan navigasi manual pada menu dan konten pada website yang dibangun oleh institusi atau perusahaan tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan keinginan perusahaan untuk mengembangkan layanan terhadap pelanggan, informasi juga bisa didapatkan melalui media chatting yang dilakukan antara pengguna dengan virtual customer service . Penelitian ini bertujuan untuk membangun chatterbot yang berfungsi sebagai virtual customer service yang menyediakan informasi kepada pelanggan dengan akses pada query basis data dan konten website . Chatterbot yang dibangun menggunakan integrasi dari tiga sistem yaitu sistem sistem informasi PMDFT UB, sistem ALICE, dan Wikipedia. Untuk pengaksesan data, digunakan teknologi web crawler pada website PMDFT UB dan web service pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa dan Wikipedia. Pada perancangan dan implementasi perangkat lunak ini, dihasilkan prototype chatterbot yang dibangun menggunakan Program O yaitu interpreter AIML berbasiskan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Prototype chatterbot ini telah diuji dari segi verifikasi, validasi, dan pengujian prototype . Dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototype chatterbot ini telah berhasil dan sesuai dengan tujuan perencanaan dan mendapatkan tingkat kepuasan pengguna yang disyaratkan oleh pengujian Turing Test.
English Abstract
During this time, access to information system of an institution or company is done by manually navigating to the menu and content on the website that was developed by the institution or company. Along with the development of technology and the company wishes to develop services to customers, information can also be obtained through media chats conducted among users with a virtual customer service. This study aims to build a chatterbot that serves as a virtual customer service that provides information to customers with access to query the database and website content. Chatterbot is developed using three systems, namely the integration of information systems PMDFT UB system, ALICE system, and Wikipedia. For data access, web crawler technology used on the PMDFT UB website and web service on Student Academic Information Systems and Wikipedia. In the design and implementation of this software, prototype chatterbot is resulted which developed using the program O AIML interpreter-based programming language PHP and the MySQL database. Chatterbot prototype has been tested in terms of verification, validation, and testing prototypes. From the test results, it can be concluded that the prototype chatterbot has been successfully and in accordance with the planning objectives and obtain the required level of user satisfaction by testing the Turing Test.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/005.3/FAT/r/041204213 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 13:22 |
Last Modified: | 25 Jun 2013 13:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155410 |
Actions (login required)
View Item |