Fakhrina, FaizaAlif (2016) Identifikasi pola sidik jari untuk klasifikasi jenis kecerdasan pada anak. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap manusia memiliki pola sidik jari yang unik. Pola sidik jari yang dimiliki oleh setiap manusia bersifat unik. Pola ridge pada jari tidak akan pernah berubah selama hidup manusia tersebut. Pola ridge merupakan ciri pada sidik jari yang dapat digunakan untuk identifikasi biometrik. Para peneliti menemukan bahwa antara epidermal ridge memiliki hubungan yang bersifat ilmiah dengan kode genetika dari sel otak dan potensi intelegensia seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner menyatakan bahwa tes sidik jari dapat menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan seseorang. Tingkat kecerdasan pada anak dapat dideteksi menggunakan sebuah teknologi bernama Dermatoglyphic Multiple Intelligence (DMI). Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan di atas penulis ingin membuat sebuah sistem pengenalan pola sidik jari untuk mengetahui jenis kecerdasan anak. Pada penelitian ini dikemukakan sebuah metode yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam menentukan jenis kecerdasan yang dimiliki seorang anak melalui citra sidik jari. Salah satu metode yang digunakan untuk mengolah citra sidik jari adalah thinning Zhang-Suen dan Stentiford untuk mendapatkan ciri minutiae dari setiap pola sidik jari. Minutiae yang digunakan adalah ridge ending atau termination dan bifurcation. Proses klasifikasi yang digunakan yaitu Linear Discriminant Analysis (LDA) untuk mengelompokkan nilai minutiae berdasarkan pola sidik jari. Hasil penelitian dari 30 data uji sidik jari, menunjukkan bahwa sistem dapat mengenali 20 citra sidik jari berdasarkan kesamaan dari pola yang seharusnya dan hasil uji sistem pengenalan pola sidik jari. Tingkat akurasi sistem pengenalan pola sidik jari pada penelitian ini sebesar 66%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa jika seorang anak memiliki pola sidik jari whorl maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran kognitif, jika seorang anak memiliki pola sidik jari radial loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah critical thinking, dan jika seorang anak memiliki pola sidik jari ulnar loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran afektif.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/005.115/FAK/i/2016/041611230 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 15:58 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 15:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155408 |
Actions (login required)
View Item |