Social Network Based Learning Management System

Hawma, HassanNajamAli (2012) Social Network Based Learning Management System. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran telah dibawa ke era baru untuk memudahkan pelajar untuk mendapatkan pengetahuan mereka melalui internet, di mana saja, di mana saja, dan kapan saja. Itu dapat dilakukan dengan mengakses media pembelajaran berbasis internet atau e-learning. Fakta bahwa terdapat 5,3 miliar pelanggan seluler (yaitu 77 persen dari populasi dunia) berarti bahwa mereka menggunakan ponsel yang dapat digunakan untuk mengakses Internet. Pertumbuhan seluler didorong oleh permintaan negara berkembang. Fakta-fakta jejaring sosial dan e-learning telah membuat kombinasi di antara mereka naik sebagai kombinasi yang menguntungkan. Kombinasi antara jejaring sosial dan e-learning adalah untuk meningkatkan penggunaan jejaring sosial sebagai media untuk mengumpulkan informasi di antara teman-teman dalam materi yang bermanfaat, terutama dalam tujuan pendidikan. Dengan membuat e-learning sebagai fitur tertanam di dalam jejaring sosial, daripada pangsa pengetahuan dan pengumpulan di antara pengguna dan sumbernya bisa tidak terbatas. Sistem ini disebut sistem manajemen pembelajaran berbasis jejaring sosial. Sistem ini membuat administrator sebagai pemilik konten pembelajaran untuk mengelola saham pengetahuan dan kursus virtual mereka. Dan para pengguna akan mengalami situasi belajar yang lebih baik di dalam jejaring sosial. Aplikasi ini dibangun di atas jejaring sosial Facebook dengan membuat aplikasi Facebook untuk tujuan pendidikan. Aplikasi akan tersedia untuk tiga jenis pengguna dengan perannya, yang merupakan kepala departemen / kepala sekolah, dosen dan mahasiswa. Peran mewakili kegiatan aktual untuk setiap jenis pengguna. Aplikasi ini perlu di-host situs web dan basis data untuk mengumpulkan data tentang kegiatan pembelajaran. Dengan mengintegrasikan situs web host ke dalam aplikasi Facebook, aplikasi ini tersedia untuk semua pengguna Facebook dengan mengakses https://apps.facebook.com/social_lms. Tes ini melibatkan 20 pengguna yang akan mereka ganti peran, sehingga mereka akan mengalami 3 peran yang berbeda, jawab lembar uji dan berikan masukan untuk perbaikan atau koreksi ketidaknyamanan atau kegagalan. Hasil dari tes ini telah membuktikan bahwa semua fungsi mencapai 100% setelah perbaikan dan koreksi. Dan beberapa keterbatasan yang terdiri dari: tidak tersedianya untuk melakukan pemeriksaan atau penilaian online, semua dilakukan dengan membuka tugas pemeriksaan atau penilaian dan mengirim hasil ke alamat email yang dinyatakan dalam tugas, batasan selanjutnya adalah diskusi tanpa batas untuk semua siswa dan dosen, yang seharusnya. Dibatasi oleh pengguna tertentu misalnya: Anggota kursus saja, batasan terakhir adalah obrolan video untuk pembelajaran streaming langsung tidak tersedia dalam aplikasi, obrolan video dapat dipegang secara terpisah menggunakan aplikasi lain. Batasan ini dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya untuk penggunaan yang lebih luas dalam pendidikan.

English Abstract

Learning has taken into new era to ease learner to gain their knowledge through internet, everywhere, anywhere, and anytime. It can be done by accessing internet based learning media or e-learning. The fact that there are 5.3 billion mobile subscribers (thats 77 percent of the world population) means that they are using mobile phones that can be used to access the internet. Mobile growth is being driven by demand developing world . The facts of social network and e-learning have made the combination between them to rise as a beneficial combination. The combination between social network and e-learning is to enhance the usage of social network as the media to gather information among friends in beneficial matter, especially in educational purpose. By making the e-learning as an embedded feature inside the social network, than the knowledge share and gathering among users and the source can be unlimited. The system is called social network based learning management system. This system made the administrator as the owner of a learning content to manage their knowledge shares and virtual courses. And the users will experience a better learning situation inside the social network. The application is built over Facebook social network by creating facebook application for education purpose. The application will be available for three types of user with its roles, which are department head/headmaster, lecturer and student. The roles represent the actual activities for each user type. The application require to host a website and database to collect data about learning activities. By integrating host website into facebook application, the application is available for all facebook users by accessing https://apps.facebook.com/social_lms . The test is involving 20 users which they will switch roles, so they will experience 3 different roles, answer the test sheet and give input for improvements or corrections of discomforts or failures. The result of this test has proven that all function accomplish 100% after improvement and correction. And some limitation which consist of: unavailability to perform examination or assessment online, all done by opening the examination or assessment task and send the result to email address stated in the task, next limitation is unlimited discussion for all students and lecturers, which it should be restricted to certain user for example: course member only, last limitation is video chat for live stream learning is not available in the application, video chat can be held separately using another application. This limitation can be used for later development of the application for wider use in education.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/004.69/HAW/s/041204115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 10 Dec 2013 10:09
Last Modified: 10 Dec 2013 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155395
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item