Basid, PuspaMiladinNuraidaSafitriA (2017) Pengembangan Sistem E-Complaint Berbasis Social Crowdsource Geotagging Studi Kasus Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu upaya dalam pengelolaan sebuah kota adalah peningkatkan pelayanan publik. Dalam meningkatkan pelayanan publik saat ini, peran masyarakat sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan masyarakat menjadi pihak yang akan merasakan dampak dari sebuah pelayanan publik. Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik saat ini. Namun kurangnya media pengaduan masyarakat menjadi permasalahan. Untuk mengatasi hal tersebut perlunya sebuah media pengaduan masyarakat. Solusi ini dilakukan secara manual dan terbatas. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan sistem yang dapat menjadi media pengaduan dengan fitur-fitur yang ada pada smartphone. Tantangan dalam membangun sistem ini adalah bagaimana mengetahui koordinat lokasi dan menentukan area pengaduan masyarakat. Kami mengusulkan sebuah sistem untuk sebaga media pengaduan masyarakat dengan menggunakan teknik geotagging dan geofencing. Tingkat keberhasilan dari metode geofencing untuk megetahui area lokasi pengaduan sebesar 94%. Selain itu kami juga memiliki hasil yang baik tentang bagaimana menerapkan teknik geotagging dengan menggunakan EXIF pada gambar keluhan. Pada uji usabilitas secara keseluruhan, sistem ini juga memiliki nilai sebesar 80,7.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/004.678/BAS/p/2017/041700782 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 07:38 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 07:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155392 |
Actions (login required)
View Item |