Wibowo, AchmadTeguh (2013) Simulasi Teknologi Natural User Interface Menggunakan Kinect Berbasis Fuzzy Inference System. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Human Computer Interaction (HCI) merupakan ilmu yang menarik dan sangat luas manfaatnya.Banyak teknologi sekarang menerapkan prinsip dari HCI,salah satunya adalah kinect .Alat ini mampu membaca gerakan tubuh ( gesture ) dan mengubahnyamenjadi perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer. Dengan memanfaatkan mesin kinect, pengguna dapat menangkap data citra berwarna, citra kedalaman, gesture , jarak, posisi, dan ketinggian tubuh pengguna terhadap mesin kinect. Data-data tersebut dapat di ubah menjadi sebuah perintah yang dimengerti oleh perangkat keras yang sudah disiapkan sebelumnya dengan bantuan komputer.Sehingga interaksi antara manusia dan perangkat keras (komputer) dapat terjadi malalui media perantara yang tidak terlihat. Data-data yang diambil tersebut digabung dengan metode Fuzzy Inference System – Takagi Sugeno Kang (FIS - TSK) dan diproses oleh komputer dengan bahasa pemrograman ( C# ).Sehingga dapat memberikan pengalaman baru dalam hal interaksi manusia dan komputer (mengurangi penggunaan mouse dan keyboard ).Dan juga prinsip dari HCI, yaitu membuat interaksi antara manusia dan komputerterjadi seramah dan seefisien mungkin dapat tercapai.
English Abstract
Human Computer Interaction (HCI) is interesting science and most have benefit. Now many technologies to apply principal for HCI. One of then Kinect. This is can read body gesture and convert to become commands understandable of computer. With use kinect, user can catch color image data, depth image data, gesture, distance, position and users tall body toward kinect, proficiency level data can change understandable commands to hardware which had prepared earlier with computer help. so that interaction between human and computer can occur via intermediaries which invisible. proficiency level data can to joint with Fuzzy Inference System - Takagai Sugeno Kang (FIS-TSK) and processed by computer with programming language (C#). so that can give new experience in terms of human computer interaction (can reduce use mouse and keyboard), and HCI fundamental, specially can make human computer interaction occur as friendly and as efficiently can be achieved.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/004.019/WIB/s/041307013 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 12:31 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 12:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155379 |
Actions (login required)
View Item |