Hubungan antara Knowledge Management dan Organizational Learning serta Dampaknya pada Organizational Effectiveness (Studi pada Telkom Malang)

Pradana, BayuIlham (2011) Hubungan antara Knowledge Management dan Organizational Learning serta Dampaknya pada Organizational Effectiveness (Studi pada Telkom Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini kemampuan organisasi untuk menggali aset implisit telah menjadi jauh lebih meyakinkan daripada kemampuannya untuk menginvestasikan dan mengatur asset fisik. Pengetahuan merupakan salah satu bentuk intangible asset yang harus dikelola dengan baik oleh organisasi, khususnya bagi Telkom Malang melalui aktivitas Knowledge Management (KM). Kemampuan KM dalam memberi akses informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik daripada di masa lampau menjadi sumber strategis utama bagi Organizational Learning (OL). Penelitian ini didasarkan pada KM berpengaruh pada OL daripada KM sebagai akibat dari OL. Untuk mencapai Organizational Effectiveness (OE) diperlukan pengetahuan dan proses pembelajaran yang berkesinambungan. Oleh sebab itu konsep KM dan OL sangat berperan dalam pencapaian OE. Penelitian ini bertitik tolak dari adanya perbedaan pandangan literatur pada hasil studi mengenai konsep pengaruh KM terhadap OL, KM terhadap OE serta pengaruh OL terhadap OE dengan memberikan peran OL sebagai mediator dalam menguji hubungan antara KM dengan OE. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menguji dan Menganalisis pengaruh KM terhadap OL; (2) Menguji dan Menganalisis pengaruh KM terhadap OE; (3) Menguji dan Menganalisis pengaruh OL terhadap OE; (4) Menguji dan Menganalisis peran OL dalam hubungan antara KM dan OE. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Tenilk probability stratified random sampling digunakan untuk memperoleh sampel yang representatif dari setiap tingkat jabatan manajemen. Dari 58 kuesioner yang disebar, sebanyak 54 kuesioner kembali atau dengan tingkat pengembalian 93%. Analisis jalur digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) KM secara positif berpengaruh pada OL; (2) KM secara positif tidak berpengaruh pada OE; (3) OL secara positif berpengaruh pada OE; (4) KM secara positif berpengaruh pada OE melalui OL. Saran bagi Telkom Malang adalah lebih memperhatikan proses konversi pengetahuan dengan memberikan dukungan sumber daya yang dibutuhkan serta perlindungan terhadap ide-ide inovatif, melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan, serta memantapkan aktivitas pembelajaran ke dalam prosedur-prosedur atau standar-standar aksi yang jelas dan terstruktur.

English Abstract

Nowadays the ability of an organization to search for intangible assets has been far developed than its ability to do the investment and manage physical assets. One of intangible assets which an organization should carefully manage is knowledge, particularly in the case of Telkom Malang through Knowledge Management (KM) activities. The benefit of KM in providing access to desired information for better doing the job than the previous time becomes the main strategic source to Organizational Learning (OL). This study is based on the belief that KM has greater effect to OL, neglecting the belief that OL causes KM. With regard to the achievement of Organizational Effectiveness (OE), knowledge and continuous learning process are undoubtedly needed. As a consequence, the concepts of KM and OL play an important role to the achievement of OE. This study is based on the different view in literature to the result of the study discussing the following concepts: the effect of KM to OL, KM to OE, and OL to OE with the interference of OL as the mediator in studying the relationship between KM and OE. The objectives of the study can be formulated as follows: (1) to test and analyze the effect of KM to OL; (2) to test and analyze the effect of KM to OE; (3) to test and analyze the effect of OL to OE; (4) to test and analyze the role of OL pertinent to the relationship between KM and OE. The explanatory research design was employed in this study which explained the causal relationship between one research variable to another by testing the hypothesis. Probability stratified random sampling technique was used to gather representative samples from each management level. Among the 58 questionnaires distributed, 54 were returned back or, in other words, approximately 93% of the total amount of the distributed ones. Path analysis was employed to test the hypothesis. This study produced several findings, all of which were: (1) KM positively influenced OL; (2) KM positively did not influence OE; (3) OL positively influenced OE; (4) KM positively influenced OE through OL. Therefore, it is suggested that Telkom Malang be more concern with the conversion process of knowledge by providing best support to the desired sources as well as protection to innovative ideas, involvement of the employees in decision-making process, and systematization of learning activities into vivid and structured procedures or action standards.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/001.068/PRA/h/041101647
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 25 May 2011 15:40
Last Modified: 27 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155373
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item