Penggunaan Metode Cut Off Point Dan Fuzzy Ahp Dalam Menentukan Boarding House Terfavorit (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya)

Damayanti, EvaPutri (2017) Penggunaan Metode Cut Off Point Dan Fuzzy Ahp Dalam Menentukan Boarding House Terfavorit (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis boarding house sangat diminati oleh masyarakat. Boarding house (rumah kos) adalah rumah dimana seseorang menyewa satu kamar atau lebih untuk tenggang waktu tertentu. Salah satu peminat dari boarding house adalah mahasiswa. Setiap mahasiswa pasti memiliki selera tersendiri untuk menentukan boarding house yang akan ditempati. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan boarding house terfavorit di kalangan mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya. Pada proses penentuan boarding house tersebut digunakan metode cut off point dan fuzzy AHP. Langkah awal digunakan metode cut off point untuk menentukan kepentingan kriteria. Kriteria yang didapatkan dari metode cut off point yaitu keamanan, ketertiban, harga, lingkungan dan jarak. Selanjutnya menentukan alternatif yang digunakan dalam memilih boarding house yaitu didaerah Soekarno Hatta, Sumbersari, Kerto dan Sigura-gura. Langkah selanjutnya menggunakan metode fuzzy AHP. Metode fuzzy digunakan untuk pembobotan kriteria dan metode AHP digunakan untuk menentukan boarding house terfavorit. Dari perhitungan metode cut off point dan fuzzy AHP tersebut menunjukkan boarding house terfavorit yaitu didaerah Soekarno Hatta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/73/051700918
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 15:50
Last Modified: 02 Jan 2023 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155329
[thumbnail of EVA PUTRI DAMAYANTI.pdf] Text
EVA PUTRI DAMAYANTI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item