Pengembangan Model Koreksi Kesalahan (Ecm) Manning Untuk Kasus Harga Crude Palm Oil Terhadap Harga Minyak Goreng Sawit Curah di Indonesia

Sholikhah, Annisa`Al-Mar`atus (2017) Pengembangan Model Koreksi Kesalahan (Ecm) Manning Untuk Kasus Harga Crude Palm Oil Terhadap Harga Minyak Goreng Sawit Curah di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data ekonomi pada umumnya memiliki karakteristik tidak stasioner. Jika dua data deret waktu tidak stasioner tetapi saling berkointegrasi maka terdapat hubungan keseimbangan jangka panjang antara kedua variabel, untuk itu digunakan pemodelan Error Correction Model. Pemodelan Error Correction Model yang mempertimbangkan adanya efek asimetri yaitu Manning Error Correction Model. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan Manning Error Correction Model pada data harga crude palm oil terhadap harga minyak goreng sawit curah di Indonesia. Hasil yang diperoleh dari pengembangan Manning Error Correction Model secara jangka pendek dan jangka panjang, harga crude palm oil mempengaruhi harga minyak goreng sawit curah. Secara jangka pendek setiap perubahan kenaikan harga crude palm oil sebesar Rp 1 akan meningkatkan perubahan harga minyak goreng sawit curah sebesar Rp. 0.037681 dan secara jangka panjang sebesar Rp 1.3452. Harga minyak goreng sawit curah di Indonesia memiliki efek penyesuaian pada periode sebelumnya ke periode saat ini terhadap perubahan harga crude palm oil sebesar 2.2081%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/70/051700915
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 15:33
Last Modified: 06 Feb 2017 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155326
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item