Pengaruh Konsentrasi Aktivator Koh Pada Proses Pembuatan Karbon Aktif Berbahan Serat Sisal Sebagai Bahan Elektroda Superkapasitor Tipe Electrochemical Double-Layer Capacitors (Edlc)

Fernandus, Yogi (2017) Pengaruh Konsentrasi Aktivator Koh Pada Proses Pembuatan Karbon Aktif Berbahan Serat Sisal Sebagai Bahan Elektroda Superkapasitor Tipe Electrochemical Double-Layer Capacitors (Edlc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Superkapasitor tipe EDLC merupakan komponen elektronik yang banyak dikembangkan karena memiliki nilai kapasitansi yang besar. Salah satu faktor yang membuat besarnya nilai kapasitansi dari superkapasitor EDLC adalah elektrodanya yang terbuat dari bahan karbon aktif. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan karbon aktif dari serat sisal sebagai bahan elektroda superkapasitor EDLC. Sebagaimana proses pembuatan karbon aktif melalui tahap karbonisasi, aktivasi kimia dan aktivasi fisika. Aktivasi kimia dalam penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan konsentrasi aktivator KOH pada 25%, 27%, 29% dan 31%. Perlakuan tersebut dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi aktivator KOH terhadap struktur dan luas permukaan karbon aktif berdasarkan hasil uji Scanning Electron Microscopy (SEM) dan uji UV-Vis. Karbon aktif tersebut kemudian digunakan sebagai material elektroda superkapasitor EDLC dan nilai kapasitansi spesifik diperoleh dengan uji kapasitansi menggunakan alat ukur LCR meter. Hasil uji karakterisasi pada karbon aktif serat sisal memperlihatkan karbon aktif dengan konsentrasi aktivator KOH 27% dan 29% mengalami peningkatan luas permukaan dengan nilai yang sama dan mulai menurun pada KOH 31%. Sedangkan, hasil pengamatan uji kapasitansi terhadap karbon aktif dengan konsentrasi aktivator KOH 27% menghasilkan elektroda superkapasitor EDLC yang dapat menyimpan muatan paling besar yaitu 1 377,75 µF/g.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/4/051700364
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jan 2017 10:23
Last Modified: 13 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155292
[thumbnail of Skripsi Yogi.pdf] Text
Skripsi Yogi.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item