Karakteristik Amplitudo Seismik Terhadap Perubahan Sudut Datang Pada Reservoar Konglomerat, Lapangan “L”, Cekungan Sumatera Selatan

Puspitarani, LocanaIndra (2017) Karakteristik Amplitudo Seismik Terhadap Perubahan Sudut Datang Pada Reservoar Konglomerat, Lapangan “L”, Cekungan Sumatera Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan pengolahan dan interpretasi data sumur dan data seismik pada reservoar konglomerat, Lapangan “L”, Cekungan Sumatera Selatan dengan menggunakan metode AVA (Amplitude Versus Angle). Penelitian tersebut dimaksudkan untuk mengamati karakter amplitudo dengan sudut datang, sebaran hidrokarbon, serta nilai parameter fisika batuan, dalam hal ini nilai Poisson’s Ratio dan vp/vs pada reservoar konglomerat daerah penelitian. Metode yang digunakan antara lain dengan membuat model sintetik seismik AVA berdasarkan beberapa parameter dari data sumur yaitu vp, vs, dan ρ yang didasarkan pada persamaan Aki dan Richard. Kemudian dilakukan sebaran atribut pada data angle stack untuk mengetahui sebaran hidrokarbon. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa pada reservoar konglomerat daerah penelitian didominasi oleh kelas 4 dan -2, dengan karakter amplitudo yang terlihat tidak ada perubahan seiring dengan bertambahnya sudut datang (gradient datar). Hasil dari pengamatan sebaran atribut pada data angle stack menunjukkan bahwa daerah potensi sebaran hidrokarbon berada pada daerah intrafluve tepatnya pada barat daya. Berdasarkan hasil pengamatan parameter fisis pada reservoar konglomerat daerah penelitian memiliki nilai Poison’ Ratio 0.2 dan vp/vs 1.67 pada kasus gas. Sedangkan pada kasus air memiliki nilai Poisson’s Ratio 0.3 dengan nilai vp/vs 1.8.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/200/051701802
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:41
Last Modified: 23 Mar 2017 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item